Selasa, 14 Agustus 2018
Pendidikan

SEKOLAH SWASTA MENDOMINASI PEROLEHAN NILAI UJIAN NASIONAL SMP/MTS DI HSU

Hasil Ujian Nasional (UN) untuk jenjang SMP/MTs telah diumumkan pada 25 Mei 2018 yang lalu. Berdasarkan data yang diperoleh dari Dinas Pendidikan Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), jumlah nilai UN SMP/MTs tertinggi tahun ini didominasi oleh sekolah-sekolah swasta dan kebanyakan berasal dari luar kota Amuntai.

Sepuluh besar sekolah tersebut adalah SMPIT Ihsanul Amal Alabio jumlah nilai 265,73; MTsN 2 HSU Sungai Malang 230,09; MTs Nurul Hikmah Danau Panggang 228,30; MTs Intisyarul Mubarrat Keramat 225,00; MTs Ummul Qura Bayur 214,76; MTsN 5 HSU Amuntai Selatan 213,87; MTs Assalam Mamar 213,79; MTs Mathlaul Anwar Rantau Bujur Hilir 210,46; SMPN 4 Amuntai Selatan 209,89; dan MTs Mualimin Alabio 209,77.

Untuk perolehan nilai perorangan peringkat pertama diraih Novia Ramadhani Putri Zaskia dari MTsN 2 HSU dengan jumlah nilai 355,5; peringkat kedua Helma Febrianti dari MTsN 5 HSU jumlah nilai 333,5; peringkat ketiga Nauva Adila MTsN 2 HSU 332,5; keempat Maulida MTsN 2 HSU jumlah nilai 330,0; dan kelima Naira Rizkia Mahfuzah SMPIT Ihsanul Amal Alabio jumlah nilai 329,5.

UNBK tingkat SMP/MTs sendiri berlangsung selama empat hari dari tanggal 23 sampai 26 April 2018. Mata pelajaran yang diujikan Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, dan IPA Terpadu.

Hasil UN SMP/MTs tahun 2018 ini cukup mengejutkan bagi Akhmad Muzakir, S.Pd.I, Kepala SMPIT Ihsanul Amal Alabio. Menurut Muzakir tahun ini merupakan kali pertama bagi sekolahnya mengikuti UN. Peserta tahun ini adalah angkatan pertama dari SMPIT Ihsanul Amal Alabio.

“Hasil yang membanggakan ini tidak terlepas dari peran semua pihak yang terlibat dalam suksesnya UN SMPIT Ihsanul Amal Alabio”, ujar Muzakir.

Muzakir berharap tradisi yang baik ini akan terus berlanjut hingga ke angkatan berikutnya. Menurut Muzakir di SMPIT Ihsanul Amal siswa tidak cuma fokus persiapan UN, tapi juga diarahkan untuk lebih dekat dengan Al Qur’an, baik dengan program tilawah rutin satu juz sehari, menambah hafalan Al Qur’an, dan menambah ibadah-ibadah sunnah seperti sholat tahajud dan dhuha.

Sementara Drs. H. Rahmat, MM, Kepala Dinas Pendidikan HSU yang dihubungi terpisah mengatakan, hal ini membuktikan sekolah yang tingkat kepedulian dan keterlibatan orang tua dan masyarakatnya tinggi bisa lebih maju dan berkembang.

“Umumnya di kota-kota besar memang sekolah swasta lebih maju daripada sekolah negeri. Tapi bagi Dinas Pendidikan tidak masalah, karena keduanya sama-sama dibawah binaan pemerintah”, lanjut Rahmat. (Diskominfo/indah)

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Dinas Kominfo HSU
Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Hulu Sungai Utara
error: Konten di lindungi !!