Selasa, 10 Desember 2019
Pendidikan

SEMINAR PENDIDIKAN NASIONAL “PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TIK RAMAH ANAK USIA DINI”

AMUNTAI – Dinas Pendidikan Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) beserta Bunda PAUD HSU Hj. Anisah Rasyidah Wahid dan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan HSU menghadiri kegiatan Seminar Nasional Pendidikan dan Kebudayaan 2019 yang diselenggarakan oleh Balai Pengembangan Media Radio Pendidikan dan Kebudayaan (BPMRPK) Kemendikbud RI.

Seminar nasional ini bertemakan “Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis TIK Ramah Anak Usia Dini”.

Selain Bunda PAUD HSU, undangan yang hadir juga berasal dari Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, Pendidik PAUD, pegiat pendidikan, serta undangan lain yang berasal dari beberapa wilayah di Indonesia.

Tampak hadir juga sebagai bintang tamu Kak Ria Enes dan Boneka Susan untuk memeriahkan kegiatan seminar.

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sangat dibutuhkan, oleh karena itu BPMRPK telah mengembangkan media pembelajaran berbasis audio, serta mengembangkan berbagai model dan format media audio pembelajaran untuk PAUD. Media pembelajaran yang sesuai dengan kondisi pendidikan di daerah 3T adalah media audio. Sebab media itu harganya murah, portable, dapat diputar ulang, dapat digunakan bersama-sama, dan dapat merangsang partisipasi aktif.

Berkaitan dengan pemanfaatan media audio pembelajaran untuk daerah 3T untuk PAUD, BPMRPK telah melaksanakan fasilitasi dengan bentuk kegiatan berupa bimbingan teknis untuk pendidik anak usia dini di kawasan 3T. Dengan tujuannya agar pemanfaatan media audio dalam proses pembelajaran berjalan dengan lancar, sesuai dengan tujuan pengembangan model.

Pada kegiatan ini juga ada sesi berbagi pengalaman pemanfaatan media audio untuk PAUD di wilayah 3T.

Untuk wilayah Indonesia bagian tengah, Kabupaten HSU diberikan kepercayaan dan penghargaan untuk berbagi pengalaman dan implementasi pengembangan media audio di satuan pendidikan yang disampaikan oleh Dadi, Kepala PAUD TK Tunas Harapan HSU.

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Dinas Kominfo HSU
Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Hulu Sungai Utara
error: Konten di lindungi !!