Selasa, 25 September 2018
Ekonomi

SHOWROOM DEKRANASDA HSU AKAN SEGERA DIFUNGSIKAN

Amuntai – Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) memiliki tanaman eceng gondok yang melimpah, tak heran mengingat luasnya daerah rawa di Kabupaten ini, eceng gondok yang biasanya dianggap sebagai tanaman pengganggu ternyata bisa disulap oleh pengrajin HSU menjadi barang yang berkualitas dan memiliki harga tinggi.

Selain kerajinan eceng gondok, banyak hasil kerajinan lain seperti dari rotan, purun, dan bamban. Hasil kerajinan tersebut saat ini tengah diupayakan dapat dipamerkan di Showroom Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) HSU.

Ketua Dekranasda HSU Dra. Hj Anisah Rasyidah Wahid, M.AP mengatakan, saat ini pihaknya tengah mempersiapkan showroom Dekranasda atau galeri untuk menampilkan hasil kerajinan warga HSU, menggunakan bangunan yang ada di kawasan Pasar Rakyat Desa Muara Tapus Kecamatan Amuntai Tengah.

“Berbagai macam kerajinan bakal diletakkan di showroom Dekranasda. Bisa menerima penjualan baik dalam jumlah satuan ataupun jumlah banyak,” ujarnya.

Untuk membeli dalam jumlah banyak, pihaknya juga telah bekerjasama dengan para pengrajin yang ada di HSU. Salah satu kerajinan yang telah tersedia adalah kursi dari rotan dan eceng gondok.

Kursi terbuat dari eceng gondok berharga jutaan rupiah, tergantung dari pemesanan model, jumlah dan ukurannya. Kursi terbuat dari eceng gondok tersebut saat ini telah ditempatkan di showroom Dekranasda. Bagi yang ingin memesan hanya diperlukan waktu sekitar satu minggu untuk pembuatannya. Kursi serta kerajinan lainnya juga telah dikirim ke berbagai daerah seperti Jakarta, Sulawesi, dan Surabaya.

“Rencananya kami akan melakukan launching showroom Dekranasda dalam rangka Hari Jadi ke-66 HSU pada bulan Mei 2018 mendatang,” ungkapnya.

Terpisah, Dewi warga sekitar mengatakan saat ini Pasar Rakyat memang masih belum difungsikan secara maksimal. Dengan adanya galeri Dekranasda di lingkungan Pasar Rakyat diharapkan menjadi daya tarik baru bagi warga untuk berkunjung sehingga meningkatkan perekonomian warga.

“Ada cukup banyak warung makan. Kalau ramai kan banyak juga yang membeli dagangan warga sekitar,” ungkapnya. (Diskominfo/tim/indah)

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Dinas Kominfo HSU
Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Hulu Sungai Utara
error: Konten di lindungi !!