Senin, 19 November 2018
Umum

SILATURAHMI PEMUDA BAHAS PEMBANGUNAN DAN KEMAJUAN BANGSA

Amuntai – Dalam rangka membangun pemuda untuk kemajuan banua, dilaksanakan silaturahmi pemuda Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), bertempat di Mess Negara Dipa, Senin (5/11).

Dengan tema “Barakat Badapatan, Duduk Bapandiran untuk Kemajuan Banua”, kegiatan ini dihadiri oleh Bupati, Wakil Bupati, Sekretaris Daerah, Ketua DPR, Staf Ahli, Kepala Disporapar, perwakilan Dandim 1001 Amuntai, perwakilan Kapolres, organisasi pemuda, organisasi kemahasiswaan, dan tokoh lainnya.

Silaturahmi ini bertujuan agar para pemuda saling mengenal dan akrab berkomunikasi, membangun energi baru untuk memperkokoh persatuan dalam rangka memajukan pembangunan banua, membangun komunikasi antar pengurus organisasi kepemudaan dengan organisasi yang memayungi antar dewan pimpinan daerah dengan majelis pemuda, agar dapat bersama-sama membangun banua sesuai dengan misi daerah Kabupaten HSU MANTAP. Hal ini juga sejalan dengan Hari Sumpah Pemuda yang baru saja diperingati pada 28 Oktober.

Silaturahmi ini juga dalam rangka mencairkan suasana agar organisasi kepemudaan di Kabupaten HSU bisa eksis kembali di tahun mendatang, karena sudah 4 tahun vakum, sehingga terjalin kerjasama antara pemuda dengan Majelis Pemuda Indonesia dan antara Majelis Pemuda dengan masyarakat.

Dalam silaturahmi ini, berbagai perwakilan kepemudaan memberikan berbagai saran dan masukan untuk organisasi kepemudaan di Kabupaten Hulu Sungai Utara.

Mantan Ketua KMPI 2006 – 2010 Bung H. Zainal mengatakan, kehadiran KMPI di suatu daerah sangat penting. “Di tahun 2018 ini KMPI Kabupaten HSU harus sudah selesai. Paling tidak tanggal 31 Desember kita pelantikan,” ujarnya.

Sementara itu, menurut mantan Ketua KMPI 1993 – 1998 Bung Rizali, dalam kehidupan kita perlu kemampuan menyampaikan kata secara beralur sehingga mudah dipahami.” Hal ini bisa didapatkan dalam berorganisasi,” ujarnya.

Adapun tokoh organisasi IRM, AMM, Pemuda Muhammadiyah, Bung Baikuni menyarankan, di pengurusan berikutnya kegiatan harus terprogram. “Setelah selesai masa jabatan jangan biarkan tidak ada kelanjutan, apalagi sampai vakum. Hendaklah bisa bersinergi, jadwal kegiatan setiap bulannya, serta menjalin kerjasama yang baik antara KMIP dan UKP di Kabupaten HSU,” harapnya.

Ketua Anshar Bung Musa Al Hadi berharap kedepannya HSU lebih meriah. Menurutnya, majunya pemuda menentukan arah dan berperan agar mewujudkan HSU Mantap dan besinergi. “Kami siap akan ikut serta,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua KMPI Kalsel Bung Fajrul Rahman mengatakan, setelah pelantikan akan dilaksanakan rapat pleno untuk menjelaskan program. Menunjuk 2 orang Plt untuk 2 Kabupaten yang belum terbentuk, yaitu KMIP Barito Kuala dan Kabupaten HSU. “Kami akan segera melaksanakan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga. Segera juga akan dibentuk panitia pelaksana musyawarah daerah dan komite,” tambahnya.

Bupati HSU H. Abdul Wahid HK mengapresiasi terlaksananya silaturahmi pemuda di Kabupaten Hulu Sungai Utara kali ini.

“Hari ini saya sangat berterima kasih atas kehadiran 38 OKP di Kabupaten HSU. Saya juga sangat bersyukur atas keinginan untuk menghidupkan KMPI di Kabupaten HSU. Pertemuan ini diharapkan dapat kita pahami bersama dan membangun semangat bersama untuk membina pemuda dengan sebaik-baiknya,” kata Bupati HSU H. Abdul Wahid HK dalam sambutannya.

Wahid menilai, pemuda di Kabupaten HSU juga sangat aktif dalam berbagai kegiatan seperti kirab santri, sumpah pemuda, olahraga, seni, dan lainnya.

“Sungguh ketelibatan dan semangat pemuda yang sangat luar biasa. Ini menunjukkan kiprah yang baik dari pemuda dalam hal pengembangan kemampuan, sehingga memberikan yang terbaik untuk Kabupaten HSU dan juga provinsi Kalimantan Selatan,” imbuhnya.

“Menggerakkan semangat adalah bagian yang perlu terus kita dukung dan kita upayakan. Apalagi sekarang yang menjadi kekhawatiran kita adalah narkoba, pergaulan bebas, media sosial, dan lain sebagainya. Ini merupakan bagian yang harus kita selesaikan,” tegas Wahid.

Menurut Wahid, dengan adanya pembinaan dalam organisasi kemungkinan sangat membantu di atas 60% untuk kesuksesan di masa yang akan datang.

“Dari organisasi kita memiliki bekal untuk bisa berkomunikasi. Hendaknya kita memiliki tekad yang sama agar bisa terbentuk KMPI di Kabupaten HSU,” pesan Wahid. (Diskominfo/tim/indah)

)

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Dinas Kominfo HSU
Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Hulu Sungai Utara
error: Konten di lindungi !!