Jumat, 20 September 2019
Pendidikan

Sukiman Wakili Lomba Kepsek Tingkat Nasional

Sukiman wakili lomba kepsek tingkat nasionalSukiman, Kepala SMAN 1 Paminggir Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) berkesempatan untuk mengikuti upacara hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-71 di Istana Kepresidenan. Sukiman terpilih mewakili Provinsi Kalimantan Selatan dalam kategori lomba kepala sekolah berdedikasi tingkat nasional.

 

Perwakilannya ini bukan tanpa upaya. Sukiman sebelumnya telah menjuarai kepala sekolah berprestasi tingkat kabupaten dan tingkat provinsi. Meskipun di Provinsi mendapatkan peringkat tiga, namun dirinyalah yang diutuskan oleh Dinas Pendidikan Provinsi untuk melanjutkan perjuangan ke tingkat nasional.

 

Untuk mengikuti lomba tersebut Sukiman juga telah melakukan beberapa persiapan yang sebenarnya adalah upaya dari dirinya terus memperbaiki kualitas sekolah di SMAN 1 Paminggir.

 

Kecamatan Paminggir merupakan kecamatan kategori sangat terpencil, karena letaknya yang jauh dari pusat kabupaten HSU. Untuk menuju SMAN 1 Paminggir dari kota Amuntai perlu melintasi jalur darat sekitar 1 jam dan melanjutkan menggunakan speed boat sekitar dua jam, karena hingga saat ini belum ada infrastuktur jalan menuju Kecamatan Paminggir.

 

Untuk menjadikan SMAN 1 Paminggir menjadi sekolah yang berkualitas perlu upaya lebih keras, siswa juga tetap tidak ketinggalan teknologi dengan layanan internet dan laboratorium komputer yang dimiliki. Sukiman juga pernah melakukan pertukaran kepala sekolah dengan Acep, kepala sekolah SMAN 3 Bogor. Dengan program tersebut dirinya mendapat banyak pelajaran yang bisa diterapkan di sekolahnya.

 

“Dalam perlombaan ini saya juga membuat karya ilmiah mengenai tindakan sekolah untuk perbaikan melalui pertukaran kepala sekolah,” ujarnya. Selain itu dirinya juga telah mempersiapkan presentasi mengenai pendidikan mampu menjadikan masyarakat bermartabat melalui budaya lingkungan.

 

Kegiatan yang berlangsung hingga 19 Agustus ini akan dipimpin oleh lima orang juri yang telah dipersiapkan dari kementrian pendidikan dan kebudayaan.

 

“Dalam rangkaian kegiatan ini juga diundang untuk mengikuti upacara HUT kemerdekaan RI di istana,” ungkap kepala sekolah yang telah memimpin SMAN 1 Paminggir selama 4 tahun ini. (Reni)

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Dinas Kominfo HSU
Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Hulu Sungai Utara
error: Konten di lindungi !!