Sabtu, 21 April 2018
Kesehatan

TENAGA BIDAN GIZI MINTA DUKUNGAN DAN RESTU KEPADA BUPATI

Amuntai – Tenaga Bidan dan Tenaga Gizi berprestasi Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) berkunjung ke rumah dinas Bupati HSU dalam rangka mendapatkan dukungan dan restu untuk maju ke tingkat provinsi, Jum’at (13/4).

Dalam kunjungan tersebut, Tenaga Bidan Afida Nur Aini, Amd.Keb menyampaikan inovasi peningkatan derajat kesehatan wanita melalui Kelompok Pemerhati Kesehatan Wanita (KE HATI WANITA) Desa Manarap UPT Puskesmas Rawat Inap Danau Panggang.

“Inovasi tersebut dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan wanita melalui kegiatan promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif,” kata Afida.

Kelompok Pemerhati Kesehatan Wanita merupakan wadah kegiatan pemberdayaan wanita yang membentuk satu kelompok atau organisasi yang sasaranya adalah semua remaja dan wanita usia subur Desa Manarap, dengan tujuan meningkatkan cakupan kontak remaja dan wanita usia subur serta menopause.

Kegiatan yang dilakukan KE HATI WANITA adalah kegiatan keagamaan, penyuluhan kesehatan, pemeriksaan kesehatan secara berkala ( BB, TD dan LILA WUS ), senam ibu- ibu setiap hari sabtu dan minggu, pembentukan tim donor darah, bekerjasama dengan pihak puskesmas untuk mengadakan pemeriksaan IVA dan SADANIS secara berkala, berbagai kegiatan sosial seperti menjenguk salah satu anggota yang sakit, serta melakukan gotong royong.

Sementara itu, Tenaga Gizi Rina, AMG yang merupakan TPG UPT Puskesmas Haur Gading turut menyampaikan inovasi peningkatan gizi di masyarakat melalui MARI GERGAZI (Mari Gerakan Keluarga Sadar Gizi).

Rina mengatakan, berdasarkan data hasil PWS – Gizi, Program gizi UPT Puskesmas Haur Gading, cakupan D/S (Partisipasi Masyarakat) dan N/D (Tingkat Keberhasilan Program) masih di bawah target pada tahun 2016. Rendahnya cakupan D/S dan N/D ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu tingkat pengetahuan/pendidikan yang masih rendah, rendahnya daya beli masyarakat akan makanan yang bergizi, serta kurang pahamnya masyarakat tentang pentingnya prioritas makan untuk balita dan ibu hamil.

“Kurangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya permasalahan gizi yang terjadi di masyarakat Haur Gading, maka Program gizi Puskesmas Haur Gading mengadakan inovasi MARI GERGAZI (Mari Gerakan Keluarga Sadar Gizi),” lanjutnya.

Rina menambahkan, MARI GERGAZI ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada masyarakat tentang KADARZI (Keluarga Sadar Gizi) dan memberikan pemahaman/pengetahuan tentang gizi kepada masyarakat, sehingga masyarakat memiliki kesadaran sendiri untuk berprilaku sadar gizi (melaksanakan semua indikator KADARZI).

DaIam melaksanakan inovasi ini, petugas memberikan pengetahuan kepada masyarakat mengenai KADARZI, memberdayakan masyarakat agar masyarakat menjadi sadar gizi, serta meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang gizi seimbang.

Inovasi-inovasi tersebut disampaikan kepada Bupati Hulu Sungai Utara Drs. H. Abdul Wahid HK, MM., M.Si guna mendapatkan restu serta dukungan. (Dinkes/Jay/indah)

Leave a Response

Dinas Kominfo HSU
Media Center - Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Hulu Sungai Utara
error: Konten di lindungi !!