Kamis, 22 Agustus 2019
KesehatanPemerintahanPendidikan

TIM PEMBINA UKS HSU STUDI BANDING KE SIDOARJO

SIDOARJO – Dalam rangka pembinaan program sekolah sehat dan mendukung terwujudnya madrasah menuju madrasah sehat, tim pembina sekolah sehat atau UKS Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) mengadakan studi banding ke beberapa sekolah selama dua hari 16 dan 17 Mei 2019 di Kabupaten Sidoarjo Provinsi Jawa Timur.

Salah satu kunjungan sekolah tersebut di antaranya ke SD Hang Tuah 10 Juanda Kabupaten Sidoarjo yang merupakan Sekolah Standar Nasional Sekolah Percontohan UKS Nasional, serta Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan.

Studi Pembelajaran yang dimaksudkan untuk melaksanakan pembelajaran sekaligus melakukan observasi atau pengamatan terhadap lingkungan serta menambah wawasan ini dipimpin oleh Ketua Pembina UKS HSU yang diwakili oleh Kadisdik HSU H Rahmat, Kadinkes HSU H Agus Fidliyansyah, Kepala Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 9 HSU, serta rombongan tim pembina UKS Kabupaten HSU lainnya.

Kunjungan tim pembina UKS Kabupaten HSU mendapatkan sambutan yang hangat dari keluarga besar SD Hang Tuah 10 Juanda, terutama dari Wiwid selaku Kepala SD Hang Tuah 10 Juanda Sidoarjo yang mengucapkan terima kasih atas kepercayaan tim Pembina UKS HSU untuk melakukan kunjungan ke SD Hang Tuah 10 Juanda Sidoarjo.

“Semoga banyak informasi yang dapat disampaikan oleh SD Hang Tuah 10 Juanda kepada Tim Pembina UKS Kabupaten Hulu Sungai Utara, Kalimantan Selatan,” ucapnya.

Selama kunjungan tersebut tim pembina UKS Kabupaten HSU juga didampingi langsung oleh Zainul Arifin selaku Kabag Kesra Kabupaten Sidoarjo, yang menyambut baik kedatangan tim ketika berada di kota Sidoarjo.

Suasana keakraban begitu cepat mengalir karena sambutan yang begitu familiar, terutama yang terpancar dari kader-kader anak-anak SD Hang Tuah 10 Juanda yang begitu energik dan penuh semangat sembari menyorakkan yel-yel UKS.

Menurut Kepala Dinkes HSU H Agus Fidliyansyah, banyak pelajaran yang dapat diambil oleh Tim UKS HSU dari kunjungan kali ini, di antaranya sebagai ajang silaturahmi antar pembina UKS.

“Menariknya, kunjungan kali ini juga dapat bertemu langsung dengan Bapak Santosa atau “Eyang Santo” yang merupakan salah satu tokoh UKS, sekaligus pembuat logo UKS dan pendiri UKS,” tuturnya.

Selain itu, Tim HSU juga berkesempatan mengunjungi sekolah percontohan nasional lainnya, yakni SMK Negeri 3 Buduran sekaligus kantor Sekretariat tetap UKS yang berada di Dinas Pendidikan Kabupaten Sidoarjo.

Banyaknya inovasi yang diterapkan oleh dua sekolah tersebut, sehingga membuat mereka dijadikan sekolah rujukan pembelajaran, salah satunya SD Hang Tuah 10 yang memiliki auditorium dan memiliki kelas plus-plus yakni pembelajaran 2 bahasa.

“Semua kader mempunyai pengetahuan, kemampuan komunikasi yang baik sebagai kader kesehatan, dan mempunyai motif pakaian batik yang tersendiri untuk UKS yang mendapatkan sertifikat Kemenkes tahun 2014,” sambungnya.

Agus juga menyebut, bahwa kunjungan studi ini tidak hanya sekadar membenahi berbagai persiapan untuk MIN 9 HSU ke ajang lomba UKS tingkat nasional, akan tetapi lebih berharap agar kedepannya menjadikan Kabupaten HSU menjadi Kabupaten UKS.

Usai melakukan kunjungan ke SD Hang Tuah 10 Sidoarjo, rombongan melanjutkan perjalanan menuju ke lokasi kunjungan kedua, tepatnya di SMK Negeri 3 Buduran Sidoarjo, serta Sekretariat tetap UKS yang berada di Dinas Pendidikan Kabupaten Sidoarjo yang disambut hangat oleh Kadisdik Kabupaten Sidoarjo yang diwakili Kabid Pendidikan Dasarnya. (Diskominfo/Wahyu)

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Dinas Kominfo HSU
Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Hulu Sungai Utara
error: Konten di lindungi !!