Rabu, 19 Juni 2019
KesehatanPemerintahan

TINGKATKAN PELAYANAN POSYANDU, PEMDA BERSAMA KADER POSYANDU HSU STUDI TIRU KE SAMARINDA

AMUNTAI – Dalam rangka meningkatkan pelayanan Posyandu, Pemerintah Daerah bersama Kader Posyandu Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) melaksanakan studi tiru ke Posyandu Bougenville Kelurahan Sempaja Timur Kecamatan Samarinda Utara Kota Samarinda Provinsi Kalimantan Timur, Kamis (25/4).

Rombongan studi tiru Kabupaten HSU ini dipimpin oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra H. Supomo, diikuti beberapa pejabat struktural dan fungsional lainnya, di antaranya Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat H. Joharyadi, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Eddy Hadrianoor, Ketua TP PKK Kecamatan Danau Panggang H. Fahriah, serta Kepala Desa Manarap Kecamatan Danau Panggang Wahyudin Agus Faisal.

Kunjungan studi tiru ini disambut langsung oleh Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Samarinda Hj. Nurul Mu’minayati, Ketua Posyandu Bougenville, serta pejabat struktural lainnya.

Nurul Mu’minayati mengatakan, saat ini pihaknya dalam masa penilaian bersamaan dengan lomba-lomba yang lain.

“Posyandu di Samarinda di Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, di sana kita sebagai pengampu untuk PKK. Jadi untuk Posyandu dan pembinaan kita bersama-sama Dinas Kesehatan, KB, dan Dinas Pemberdayaan Perempuan,” jelasnya.

Dalam kunjungan studi tiru ini, rombongan dipersilahkan untuk melihat dan menanyakan berbagai hal yang mungkin dapat diadopsi untuk meningkatkan pelaksanaan Posyandu di Kabupaten HSU.

Pimpinan studi tiru Kabupaten HSU H. Supomo berharap setelah mengkaji dan mempelajari apa saja yg dilaksanakan di posyandu Bougenville ini dapat menjadi contoh dan rujukan posyandu lainnya yang ada di Kabupaten HSU.

“Di Kabupaten HSU ada desa Manarap, yang mana desa Manarap ini di Kabupaten akan dijadikan percontohan dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat melalui peran serta masyarakat. Seluruh kader posyandu desa Manarap kami bawa kemari, harapannya setelah bisa mengkaji apa-apa yang dilaksanakan di posyandu Bougenville ini dapat menjadi contoh bagi posyandu desa Manarap, sehingga menjadi rujukan posyandu-posyandu yang lain di Kabupaten HSU,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Posyandu Bougenville mengungkapkan, pihaknya memiliki pembinaan gizi dan kesehatan ibu dan anak, pengendalian penyakit dan penyehatan lingkungan, kesehatan usia lanjut, PKP, BKL, UP2K, dan lain sebagainya. Kegiatan tambahan dan pembinaan di posyandu Bougenville yaitu PKB, kelas ibu, penemuan dini kasus ISPA dan DBD, polio, penyediaan air bersih, penyehatan lingkungan, gotong royong, cuci tangan dan program TPS.

“Kami memiliki inovasi menaruh daur ulang air mineral dengan tulisan koin peduli di depan-depan rumah warga. Jadi bapak ibu biasanya memasukkan berapa rupiah pun, kemudian kami tarik setiap minggu untuk pembiayaan di posyandu kami, pengelolaan jentik, kami juga memiliki kolam ikan yang isinya ikan lele, ikan nila, nah itu hasilnya kami jual untuk kegiatan posyandu,” tambahnya.(Diskominfo/ikhsan/irwin)

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Dinas Kominfo HSU
Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Hulu Sungai Utara
error: Konten di lindungi !!