Rabu, 11 Desember 2019
KesehatanSosialisasi

TP PKK BERSAMA DINKES SOSIALISASIKAN PHBS

AMUNTAI – Tim Penggerak PKK Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) bersama jajaran Dinas Kesehatan melaksanakan sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Desa Bararawa Kecamatan Paminggir, Rabu (4/9).

Ketua TP PKK HSU yang diwakili H. M. Yunus mengatakan, pembinaan PHBS ini merupakan salah satu program pokok PKK untuk menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di desa maupun kelurahan.

“Karena kita semua tahu akan artinya kesehatan, untuk itu diimbau agar dapat nantinya menginformasikan serta mengajarkan bagaimana berperilaku hidup bersih dan sehat kepada para anggota keluarga kita semua, supaya membudayakan PHBS atau perilaku hidup bersih dan sehat,” ujar Yunus.

“Karena mencegah itu lebih baik daripada mengobati, dan kesehatan itu di atas segala-galanya,” imbuhnya.

Sementara itu, Wakil Sekretaris TP PKK Kabupaten HSU, Tini Rustini Syarif, menjelaskan tata cara pengisian formulir data yang akan diisi oleh kader-kader Dasa Wisma berkaitan dengan keluarga maupun lingkungan di Desa Bararawa mengenai PHBS.

Sosialisasi ini juga menghadirkan narasumber dari Dinas Kesehatan, yaitu H. M. Yotawijaya, Rusdiani, dan Sahmiansyah. Dalam materinya, ketiga narasumber menjelaskan bahwa PHBS merupakan upaya untuk mewujudkan kesehatan anggota keluarga agar lebih mengetahui serta dapat melaksanakan semua kegiatannya sehari-hari dengan berperilaku hidup bersih dan sehat, sehingga kesehatan itu bisa dimulai dari diri sendiri dan keluarga. Selanjutnya dikembangkan di masyarakat desa yang dilakukan atas dasar kemauan dan kesadaran bersama. Untuk itu, agar terlaksana 10 indikator perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), perlu dukungan dan peran serta seluruh elemen masyarakat desa, terutama para kader Dasa Wisma untuk bisa memberikan informasi kepada warga di desanya.

Seiring dengan itu, Camat Paminggir H. Hanafi berharap kepada para kader untuk dapat benar-benar memperhatikan sosialisasi ini, karena sangat penting untuk kehidupan di keluarga kader sendiri, seperti pola hidup sehat, di antaranya mencuci tangan dengan sabun sebelum makan, tidak BAB sembarangan, tidak merokok, dan sebagainya. (Diskominfo/nata)

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Dinas Kominfo HSU
Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Hulu Sungai Utara
error: Konten di lindungi !!