Sabtu, 21 September 2019
Pemerintahan

TPID HSU GELAR RAPAT KOORDINASI BAHAS PENGENDALIAN INFLASI

AMUNTAI – Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) menggelar rapat koordinasi, bertempat di Gedung Arsip Sekretariat Daerah, Selasa (29/5).

Rapat koordinasi ini dipimpin oleh Plh Sekretaris Daerah HSU H Ilman Hadi, dihadiri para Asisten, Staf Ahli, Kepala SKPD terkait, Kepala BPS HSU, Ketua STIPER Amuntai, dan Kepala Bulog Barabai. Melalui rapat koordinasi ini diharapkan nantinya Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya, khususnya dalam hal pengendalian inflasi di Kabupaten Hulu Sungai Utara.

Kepala Bagian Ekonomi Setda HSU H Muhammad Rafiq menjelaskan bahwa rakor ini dilaksanakan dalam rangka menindaklanjuti arahan Presiden pada rakornas TPID yang mengangkat sejumlah isu penting dalam pengendalian inflasi, antara lain mempertegas kembali komitmen daerah dalam menjaga stabilitas harga dengan mewujudkan strategi 4K (ketersediaan pasokan, keterjangkauan harga, kelancaran distribusi, dan komunikasi yang efektif).

Muhammad Rafiq juga menjelaskan mengenai tugas TPID, yaitu mengevaluasi sumber-sumber dan potensi tekanan inflasi di daerah serta dampaknya terhadap pencapaian sasaran; menyampaikan rekomendasi, saran, dan pertimbangan yang mendukung pencapaian baik saran dan pertimbangan yang mendukung pencapaian sasaran inflasi kepada pemerintah kabupaten dan provinsi Kalsel serta instansi terkait lainnya; memantau pelaksanaan kebijakan yang ditempuh dalam rangka pengendalian inflasi di daerah; serta melaksanakan diseminasi mengenai sasaran dan upaya pencapaian sasaran inflasi kepada masyarakat.

Dijelaskan pula bahwa inflasi merupakan kenaikan harga barang dan jasa secara umum dimana barang dan jasa tersebut merupakan kebutuhan pokok masyarakat atau turunnya daya jual mata uang suatu negara yang disebabkan oleh beberapa faktor, sehingga berdampak dalam banyak hal, seperti mengganggu mobilisasi dana domestik, daya saing menjadi berkurang, memperburuk distribusi pendapatan, mendorong pelarian modal ke luar negeri, serta mengganggu investasi dan pertumbuhan ekonomi.

Dalam rapat koordinasi ini juga disampaikan beberapa masukan dari peserta rapat, seperti Asisten 1, Kepala BPS HSU, Plt Kepala Dinas Perikanan, Ketua STIPER Amuntai, dan Bulog Barabai. (Diskominfo/yanto/aulia)

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Dinas Kominfo HSU
Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Hulu Sungai Utara
error: Konten di lindungi !!