Jumat, 20 September 2019
Seni

TUMBUHKAN GEMAR MEMBACA, DISPERSIP HSU GELAR LOMBA BERCERITA

 

AMUNTAI – Dalam rangka menumbuhkan gemar membaca, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) menggelar Lomba Bercerita, Bakisah, dan Mendongeng Tingkat SD/MI se-Kabupaten HSU.

Lomba dilaksanakan selama 3 hari dari tanggal 9 sampai 11 April 2019. Peserta yang berhasil meraih juara 1 akan diikutsertakan dalam perlombaan tingkat provinsi pada tanggal 30 April 2019.

“Tujuan perlombaan ini untuk menanamkan minat baca sejak usia dini sebagai upaya menyiapkan generasi yang berbudaya literasi dan berkualitas, membentuk karakter anak melalui cerita-cerita yang sesuai dengan usianya, menyiapkan generasi yang cinta buku, cinta akan cerita atau dongeng yang ada di nusantara,” ujar panitia pelaksana Hj Nahdira.

Nahdira menambahkan, adapun peserta lomba untuk tingkat SD/MI sebanyak 17 orang. Dewan juri sebanyak 3 orang yang sudah melalui pilihan sesuai kriteria dan juknis dari tingkat nasional yaitu dari kalangan pendidik, sastrawan, dan tenaga kependidikan lainnya.

“Lomba bercerita, bakisah, dan berdongeng ini merupakan salah satu cara meningkatkan minat baca di kalangan pelajar kita. Mereka bisa mengenal cerita-cerita daerah yang ada di wilayah kita, mereka bisa mengembangkan daya nalar dan imajinasi melalui kegiatan lomba kali ini,” pungkasnya.

Sementara itu, Sekretaris Dispersip HSU Harunnurrasyid mengharapkan melalui lomba ini dapat meningkatkan minat dan kebiasaan pelajar, khususnya guru-guru pendamping pada umumnya agar lebih menggalakkan perpustakaan dan pembudayaan kegemaran membaca, baik itu melalui perpustakaan sekolah, perpustakaan umum desa/kecamatan, maupun perpustakaan daerah Kabupaten HSU.

“Kegiatan ini tentunya juga sekaligus memperingati hari buku sedunia yang jatuh pada tanggal 23 April dan memperingati Hari Jadi Kabupaten HSU yang ke 67,” tambahnya.

Dalam lomba ini, Dispersip memberikan hadiah kepada peserta yang memenangkan lomba, guna memotivasi dalam berkarya dan menanamkan budaya baca. Adapun juara 1 diraih oleh MIN 8 HSU, juara 2 MIN 15 HSU, juara 3 MIN 20 HSU, juara 4 Murung Sari 5, dan juara 5 MIN 10 HSU. (Diskominfo/ikhsan/jimmy)

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Dinas Kominfo HSU
Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Hulu Sungai Utara
error: Konten di lindungi !!