Rabu, 17 Oktober 2018
Pemerintahan

UPAYAKAN PERCEPATAN PEMBANGUNAN, PEMKAB HSU GELAR SEMINAR DAN DISKUSI PUBLIK

 

Amuntai – Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) bekerjasama dengan PT. Sarana Multi Infrastruktur (SMI) melaksanakan seminar dan diskusi publik bertemakan Pembangunan Infrastruktur Pengganda Pertumbuhan Ekonomi Daerah, di Mess Negara Dipa HSU, Kamis (11/1).

Sebagaimana diketahui, PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) merupakan BUMN yang selama ini menjadi mitra kerja Komisi XI DPR RI yang menyediakan pinjaman pembiayaan untuk pembangunan daerah, sehingga kegiatan ini diharapkan dapat lebih mensosialisasikan peran PT SMI.

“PT SMI dibentuk untuk memperkuat percepatan pembangunan infrastruktur daerah”, ujar narasumber Ery Hartito, perwakilan Team Leader Divisi Pembiayaan Pemerintah Daerah dan Instansi Lainnya pada PT SMI.

Ery mengatakan, selama ini dalam struktur APBD masih banyak yang belum memanfaatkan pinjaman daerah, padahal dana tersebut dapat bermanfaat untuk mempercepat pembangunan. Oleh karena itu dirinya mengharapkan melalui seminar dan diskusi publik ini, untuk ke depannya pembangunan di daerah dapat mengalami percepatan melalui kerjasama dengan PT SMI.

Selain narasumber dari PT SMI, dalam kegiatan ini juga hadir Anggota Komisi XI DPR RI dapil Kalimantan Selatan Drs. H. Syaiful Rasyid, MM dan Plt Sekretaris Daerah HSU drh. H. Suyadi.

Menurut H. Syaiful Rasyid, kehadirannya dalam kegiatan ini untuk menyerap aspirasi daerah yang merupakan salah satu tugasnya sebagai anggota DPR RI, disamping tiga fungsi pokok DPR yaitu fungsi legislasi, fungsi anggaran, dan fungsi pengawasan.

“Kami merupakan jembatan untuk membantu Pemerintah Daerah dalam pembangunan infrastruktur, sehingga diharapkan melalui kegiatan ini dapat membantu berbagai permasalahan daerah terkait keuangan, salah satunya dengan cara mempertemukan kepada pihak BUMN seperti PT SMI yang menjadi mitra kementerian keuangan”, tambah Syaiful Rasyid.

Seiring dengan itu, Plt Sekda HSU H. Suyadi berharap kepada SKPD yang ada di HSU untuk mengikuti kegiatan ini dengan baik, agar lebih mendalami seputar pembiayaan pembangunan infrastruktur daerah dengan melibatkan PT SMI.

“SKPD diharapkan dapat membuat perencanaan-perencanaan yang sesuai dengan visi dan misi HSU, yaitu HSU MANTAP (Maju, Mandiri, Sejahtera, Agamis, dan Produktif). Jika terkait dengan permasalahan keuangan, bisa bekerjasama dengan PT SMI yang menyediakan pinjaman pembiayaan untuk pembangunan daerah”, kata Suyadi.

Selain ketiga narasumber tersebut, dalam seminar dan diskusi publik ini tampak hadir Ketua DPRD HSU H. Sahrujani, para Asisten Setda HSU, jajaran PT SMI, serta Kepala SKPD beserta jajarannya. (Diskominfo/mahdi)

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Dinas Kominfo HSU
Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Hulu Sungai Utara
error: Konten di lindungi !!