Pemerintahan

WABUP HSU BUKA PELATIHAN PKTKP

Amuntai,  – Wakil Bupati Hulu Sungai Utara (HSU) membuka Pelatihan Program Peningkatan Kompetensi Tenaga Kerja dan Produktivitas Tenaga Kerja (PKTKP).

Kegiatan pelatihan yang diselenggarakan bersumber Dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun 2017, Rabu 9/8 di Aula Dinas Sosial (Dinsos) HSU.

Wabup dalam sambutannya mengatakan kegiatan ini tentunya memiliki arti penting bagi tenaga kerja.

Menurut Husairi saat ini kita hidup di era globalisasi dimana kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin berkembang pesat. Hampir setiap saat, perubahan itu selalu terjadi pada setiap sektor kehidupan masyarakat sebagai akibat dari pesatnya kemajuan dan perkembangan teknologi.

“”Kemajuan kedepan tersebut menjadi tantangan tersendiri. Sehingga kita harus membekali diri dengan kompetensi dan meningkatkan produktivitas””, ungkap Wabup.

Menurut Wabup satu sektor yang senantiasa menjadi permasalahan yang harus kita hadapi adalah faktor lapangan kerja dan ketersediaan tenaga kerja. Kedua sektor ini memiliki hubungan yang signifikan dan saling ketergantungan antara satu dengan yang lainnya.

Wabup juga menambahkan bahwa faktor lapangan kerja merupakan upaya yang dilakukan baik oleh pemerintah maupun pengusaha (swasta) untuk membuka peluang usaha dengan merekrut tenaga kerja terampil yang sesuai dengan kebutuhan usaha.

“Faktor ketersediaan tenaga kerja yang ada, terutama menyangkut kompetensi dan kualitas khususnya kesesuaian keterampilan  yang dimiliki oleh para tenaga kerja berdasarkan kompetensi yang dibutuhkan lapangan kerja masih sangat terbatas dan rendah apalagi tenaga kerja yang benar-benar telah bersertifikasi ahli”, lanjut Husairi.

Husairi menekankan bahwa ketidakseimbangan antara ketersediaan lapangan kerja dan tenaga kerja akan berakibat pada terjadinya pengangguran yang pada gilirannya akan membawa dampak pada pembangunan sosial-ekonomi dalam kehidupan masyarakat yang semakin tidak menentu.

“Pemkab telah banyak upaya yang telah dilakukan, salah satunya adalah dengan memberikan pelatihan peningkatan produktivitas dan kompetensi tenaga kerja seperti yang sedang dan akan kita laksanakan ini.

Melalui kegiatan ini diharapkan dapat memberikan bekal keterampilan kerja kepada masyarakat agar mampu bersaing dalam meraih peluang kerja yang ada atau bahkan pada suatu saat akan mampu membuka lapangan kerja sehingga dapat menampung tenaga kerja yang ada”, tandas Husairi  (Diskominfo/yogie)

Leave a Response

Dinas Kominfo HSU
Media Center - Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Hulu Sungai Utara