Senin, 25 Maret 2019
PemerintahanSosialUmum

WABUP IKUTI VICON BERSAMA KAPOLRI DAN MENSOS TENTANG PENYALURAN BANTUAN SOSIAL

Amuntai – Wakil Bupati Hulu Sungai Utara (HSU) H. Husairi Abdi menghadiri Video Conference (Vicon) bersama Kapolri dan Menteri Sosial RI dengan agenda penandatanganan nota kesepahaman bersama antara Polri dan Kemensos tentang bantuan pengamanan dan penegakan hukum pada pelaksanaan penyaluran bantuan sosial, bertempat di ruang Rupatama Polres HSU, Jum’at (11/1).

Turut menyaksikan vicon tersebut Kapolres HSU AKBP Arif Sofian, Kepala Dinas Sosial HSU H. Rizali Eswansyah, serta seluruh jajaran terkait.

Dalam Vicon tersebut, menteri Sosial RI mengatakan anggaran bantuan sosial kembali ditingkatkan, total anggaran bantuan bantuan sosial tahun 2019 sebesar 54,3 triliun rupiah. Hal ini disambut baik sebagai bentuk perhatian pemerintah kepada masyarakat tidak mampu di Indonesia. Tentunya dalam mengemban amanah dan tugas penyampaian bantuan sosial ini membutuhkan kerjasama dari Polri dalam meningkatkan keamanan dalam penyaluran bantuan.

Adapun dari pihak Polri sendiri mengaku siap membantu baik fisik maupun nonfisik dalam penyaluran bantuan ini kepada masyarakat, dimmulai dengan pembentukan satgas pengamanan bansos yang siap memberikan pengawalan pada saat penyaluran bantuan dan membantu pencegahan permasalahan hukum.

Menindaklanjuti Vicon tersebut, Wakil Bupati HSU H. Husairi Abdi menangkap dari apa yang disampaikan baik dari Kapolri maupun Menteri Sosial RI, hal ini tentunya membutuhkan kerjasama dan komunikasi yang baik dari kedua pihak, sebab berkenaan dengan bantuan sosial ini sangat rawan terjadi kesenjangan sosial, terutama pada saat pembagian bantuan, ini perlu diantisipasi agar bantuan bisa tepat sasaran dan merata.

Kapolres HSU menyatakan siap menurunkan personel untuk penyaluran bantuan sosial di Kabupaten Hulu Sungai Utara. Polres HSU siap mengawal mulai dari pendataan sampai penyaluran bantuan sosial ini.

“Nanti kami juga akan membangun satgas bansos di Polres HSU seperti yang di laksanakan di Mabes Polri,” ujarnya.

Adapun Kepala Dinas Sosial HSU H. Rizali Eswansyah mengaku telah mempersiapkan segalanya dengan baik. Semua bantuan baik dari pusat maupun daerah akan diserahkan kepada masyarakat yang terdata di Basis Data Terpadu (BDT).

“Setiap penerima harus terdaftar di BDT, selain BDT dana tidak boleh disalurkan. Kami terus memantau angka BDT di HSU dengan menurunkan petugas baik itu dari PKH, TKSK di setiap kecamatan di HSU yang mana mereka sendiri ditunjuk langsung Kemensos melalui SK Menteri Sosial,” jelasnya.

Rizali menambahkan, untuk penerima bantuan Rastra nantinya akan digantikan dengan voucher, terhitung hingga April 2019. Nanti di setiap desa akan ada E-Warung yang menyediakan kebutuhan masyakarat penerima bantuan.

“Saat ini kami sedang mengkoordinasikan dengan rekan PKH, TKSK, dan Bank Mandiri untuk menetapkan titik E-Warung di tiap-tiap desa yang nantinya untuk menyiapkan bahan kebutuhan. Namun untuk saat ini masih disediakan beras dan telur. Dan Voucher ini tidak boleh digunakan untuk kebutuhan lain, hanya dapat digunakan di E-Warung yang telah ditetapkan di masing-masing desa,” ujar Rizali. (Humpro/tim/indah).

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Dinas Kominfo HSU
Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Hulu Sungai Utara
error: Konten di lindungi !!