Senin, 19 November 2018
Pemerintahan

WABUP RESMIKAN LOKET PELAYANAN PENYETORAN PAJAK DI KECAMATAN

Amuntai – Wakil Bupati Hulu Sungai Utara (HSU) H. Husairi Abdi meresmikan Kas Daerah Pembantu wilayah kecamatan, yakni loket pelayanan penyetoran pajak dan distribusi daerah di kecamatan Danau Panggang oleh Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) HSU, Rabu (7/11).

Launching pembukaan loket pelayanan pajak ini digelar di kantor Camat Danau Panggang, ditandai dengan pemotongan pita oleh Wakil Bupati, disaksikan Kepala BPPRD HSU, perwakilan perbankan, para Camat dan Kepala Desa dari kecamatan Danau Panggang, Sungai Tabukan, Babirik, dan Paminggir, serta perwakilan Forkopimda dan tokoh masyarakat setempat.

Wakil Bupati HSU H. Husairi Abdi dalam sambutannya memberikan apresiasi yang tinggi kepada Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) kabupaten Hulu Sungai Utara atas inisiatif dan inovasinya membentuk Kas Daerah Pembantu di wilayah kecamatan berupa loket pelayanan penyetoran pajak dan retribusi daerah di kecamatan Danau Panggang.

“Hal ini tentu merupakan inovasi positif yang memiliki makna penting bagi pemerintah daerah ataupun masyarakat HSU dalam rangka mengoptimalkan dan meningkatkan pendapatan daerah, serta memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam proses pelayanan pada Kecamatan Danau Panggang, Sungai Tabukan, Babirik, dan Paminggir,” terang Husairi.

Dikatakannya, bahwa salah satu pilar kehidupan bernegara adalah partisipasi dalam perpajakan nasional, karena peranan pajak sebagai sumber utama untuk membina negara dan daerah memang harus menjadi perhatian bersama. Pajak adalah tulang punggung dalam pembiayaan pembangunan, dan sebagian besar hasil-hasil pembangunan di berbagai sektor tersebut dapat dinikmati dalam bentuk seperti sarana prasarana jalan, infrastruktur, kesehatan, olahraga, sekolah, dan lain sebagainya.

“Oleh karenanya, menjadi tugas dan kewajiban kita semua untuk memberikan keteladanan dalam pelaksanaan hak dan kewajiban perpajakan guna mewujudkan masyarakat yang sadar dan peduli pajak,” kata Wabup.

Husairi berharap agar aparat pajak terus melakukan pembenahan administrasi perpajakan untuk membuktikan pengembangan langkah-langkah menuju pemerintahan yang bersih dan akuntabel, sehingga tidak ada lagi keraguan masyarakat dalam membayar pajak.

Sementara itu, usai menggelar launching loket pelayanan pajak, Kepala BPPRD HSU Hj. Galuh Bungsu Sumarni menuturkan, sesuai rancangan sebagai sasaran jangka pendek, loket pelayanan yang berada di kantor kecamatan Danau Panggang ini akan membuka pelayanannya setiap hari kerja. Dengan itu diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi aparat pemungut pajak yang di kecamatan Danau Panggang, Sungai Tabukan, Babirik dan Paminggir.

“Loket pelayanan sendiri rencananya oleh perbankan selaku unit integrasi dengan BPPRD berencana akan membuat unit pelayanan khusus di kecamatan Danau Panggang seperti yang berada di Kabupaten,” ungkapnya.

Dirinya berharap, dari tahapan jangka pendek yaitu membuat loket pelayanan, untuk jangka menengah membuat unit perbankan kas daerah, dan tahapan jangka panjangnya BPPRD HSU bekerjasama dengan perbankan akan membuat unit pelayanan serupa yang berada di kecamatan-kecamatan yang berada jauh dengan kabupaten. (Diskominfo/wahyu/indah)

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Dinas Kominfo HSU
Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Hulu Sungai Utara
error: Konten di lindungi !!