Minggu, 16 Desember 2018
Kependudukan

WARGA ANTUSIAS SAMBUT TIM REKAM DATA E-KTP DI DESANYA

Amuntai – Kedatangan tim rekam data e-KTP Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) disambut antusias puluhan warga Desa Sungai Durait Hilir dan Desa Murung Panti Hilir Kecamatan Babirik, Selasa (7/8).

Kegiatan rekam data e-KTP tersebut didasarkan pada program percepatan pencapaian target nasional perekaman e-KTP, salah satunya dengan melakukan kegiatan jemput bola, yaitu langsung mendatangi desa-desa yang selama ini diprioritaskan untuk memberikan layanan secara langsung kepada masyarakat.

Kendati petugas pelayanan rekam data e-KTP langsung turun ke desa-desa, namun karena antusias warga begitu besar terhadap program ini, seringkali petugas pelayanan rekam data e-KTP kewalahan menghadapi antusias warga yang berdatangan hingga menjelang waktu maghrib.

Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk Disdukcapil HSU Hj. Ida Rimalina saat menggelar sosialisasi serta program percepatan pencapaian target nasional perekaman e-KTP mengatakan, kegiatan ini sudah ketiga kalinya dilakukan oleh Disdukcapil HSU, yaitu pada bulan Februari, April, dan Agustus ini.

“Selanjutnya akan dilakukan kembali pada bulan September dengan target 10 desa, baik perekaman data e-KTP maupun sosialisasi,” tambahnya.

Disamping memberikan sosialisasi tentang pentingnya memiliki e-KTP bagi seluruh masyarakat baik tua maupun muda, dengan adanya program percepatan perekaman data e-KTP ini, warga masyarakat yang semula dituntut dan tidak pernah melakukan rekam data e-KTP tidak perlu lagi jauh-jauh melakukan rekam data e-KTP ke kantor Disdukcapil, terutama bagi para remaja pemula yang notabene kebanyakan merupakan pelajar berumur 17 tahunan.

“Bapak, ibu, dan adik-adik semua yang baru berumur 17 tahunan tidak perlu lagi jauh-jauh dan tidak perlu banyak memakan biaya untuk melakukan rekam data ke kantor Disdukcapil yang terbilang jauh dari desa setempat, cukup tim rekam data Disdukcapil yang mendatangi,” tutur Ida.

Meski antusiasme warga untuk melakukan rekam data e-KTP begitu besar bahkan membludak, pihaknya berupaya semaksimal mungkin memberikan pelayanan sampai akhir waktu.

“Dan apabila masih ada masyarakat yang belum sempat melakukannya, warga tersebut dihimbau untuk dapat secara langsung melakukan rekam data e-KTP ke kantor Disdukcapil bila ada kesempatan atau nantinya dapat melakukan rekam data e-KTP di desa tetangga lainnya pada program berikutnya,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Desa Sungai Durait Hilir Haris Fadilah mengucapkan terimakasih kepada Disdukcapil HSU yang bersedia datang untuk memberikan pelayanan langsung kepada masyarakat, terutama kepada warga Desa Sungai Durait Hilir dan sekitarnya. Ia pun menyatakan siap membantu, dan berharap warga desa Sungai Durait Hilir dapat menggunakan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya.

Hal serupa juga diungkapkan Kepala Desa Murung Panti Hilir H. Abdussamad yang berterimakasih kepada Disdukcapil HSU atas digelarnya rekam data e-KTP langsung ke desa, bahkan ia tidak menyangka kedatangan tim perekaman data e-KTP Disdukcapil HSU sudah ditunggu-tunggu warganya dan warga desa sekitar lainnya, sehingga membuat antrian rekam data e-KTP memenuhi kantor kepala desa. (Diskominfo/wahyu/indah)

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Dinas Kominfo HSU
Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Hulu Sungai Utara
error: Konten di lindungi !!