Rabu, 19 Desember 2018
Lingkungan Hidup

WARGA HSU JALANKAN PROGRAM TIGA BULAN BEBAS SAMPAH

Amuntai – Dinas Perumahan Pemukiman dan Lingkungan Hidup (Perkim dan LH) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) saat ini sedang menjalankan program Tiga Bulan Bebas Sampah (TBBS) yang dimulai pada 21 Januari hingga 21 April 2018.

Salah satu rangkaian kegiatannya adalah mengkampanyekan membuang sampah pada tempatnya, seperti yang dilakukan pada setiap hari Minggu di Lapangan Pahlawan Amuntai. Kegiatan tersebut dinamakan dengan program “Lisaabil atau Lihat Sampah Ayo Ambil”.

Dinas Perkim dan LH melalui Bidang Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup, Amat mengatakan, kegiatan sosialisasi pemungutan sampah dan pembersihan lingkungan dilakukan di beberapa tempat umum, salah satunya adalah Lapangan Pahlawan Amuntai, mengingat banyaknya warga Kabupaten HSU yang berolahraga di tempat ini pada setiap Minggu pagi.

Kerumunan masyarakat inilah yang dimanfaatkan oleh Forum Komunitas Hijau (FKH) Rarawa Amuntai untuk mengajak warga lain dalam program Lisaabil. Amat menggunakan pengeras suara untuk mensosialisasikan program tiga bulan bebas sampah. Cara ini terbukti cukup efektif melihat banyaknya warga yang antusias membantu untuk membersihkan lingkungan Lapangan Pahlawan Amuntai.

Peralatan kebersihan juga telah disiapkan, sehingga warga yang ingin membantu lebih mudah. Tidak hanya diikuti oleh orang tua, namun anak- anak juga tampak sangat antusias. Mereka bergotong-royong untuk membersihkan jogging track dan memungut sampah-sampah yang terlihat.

“Kegiatan ini akan terus dilakukan di pusat keramaian lain seperti pasar dan Taman Putri Junjung Buih. Sementara program lain yang juga dilaksanakan adalah Pembersihan Susur Sungai, Bersih Banua, dan Revolusi Hijau”, ujar Amat. (Diskominfo/tim/indah)

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Dinas Kominfo HSU
Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Hulu Sungai Utara
error: Konten di lindungi !!