Selasa, 22 Oktober 2019
KependudukanPemerintahan

WUJUDKAN KEPASTIAN DATA, MASYARAKAT DIIMBAU PERBARUI STATUS DOKUMEN KEPENDUDUKAN

AMUNTAI – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) mengimbau kepada masyarakat agar sesegeranya memperbarui status dalam Kartu Keluarga (KK) dan E-KTP, baik itu status perkawinan , pekerjaan , maupun alamat tempat tinggal pindah/datang.

Demikian ditegaskan Kabid Pendaftaran Kependudukan Disdukcapil HSU Hj Ida Rimalina, dalam kegiatan sosialisasi dokumen kependudukan untuk mewujudkan tertib administrasi kepada para warga masyarakat di beberapa desa di Kabupaten HSU.

“Pembaruan atau perbaikan status sesegera mungkin itu dilakukan untuk membekali masyarakat terhadap segala kepentingan warga masyarakat itu sendiri nantinya,” ujar Ida Rimalina, Rabu (7/8).

Dikatakannya, meski sering kali diimbau kepada masyarakat untuk sesegeranya dan jangan sampai menunda-nunda melakukan perubahan elemen data di KTP jika pada kenyataannya sudah ada perubahan, namun masih saja ada warga masyarakat yang tidak begitu mengerti akan pentingnya kepastian data.

“Seperti kenyataannya kawin, segeralah ubah status di E-KTPnya menjadi kawin, yang pekerjaannya memang benar sebagai Petani diubah menjadi Petani, yang status pekerjaannya Wiraswasta tetapi pada kenyataannya seorang pedagang maka segeralah ubah menjadi status pekerjaan Pegadang,” ujarnya.

Menurut Ida, hal ini dilakukan karena ada banyak kasus yang terjadi lantaran status yang belum diperbaiki tersandung berbagai macam masalah sesudahnya, mulai dari klaim asuransi kesehatan yang tidak didapat, data penerima PKH yang tidak terdaftar, pindah datang yang tidak melapor, dan lain sebagainya.

“Seperti contohnya meminta perubahan status Belum Kawin menjadi Cerai Hidup padahal statusnya belum sama sekali diubah menjadi kawin di KTP sebelumnya, sehingga tersandung masalah pada akhirnya,” kata Ida

Oleh karenanya, dirinya berharap dengan adanya kejadian-kejadian tersebut, menjadikan masyarakat lebih memperhatikan arti penting dari dokumen kependudukan baik itu Kartu Keluarga dan E-KTP. (Diskominfo/wahyu)

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Dinas Kominfo HSU
Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Hulu Sungai Utara
error: Konten di lindungi !!