Minggu, 20 September 2020
Pemerintahan

BANK SAMPAH “BUNCU ELHA” KINI TERIMA PEMBELIAN MINYAK JELANTAH

AMUNTAI – Tak cukup hanya menerima barang bekas seperti kardus bekas, plastik bekas, dan jenis-jenis barang bekas lainnya, kini Bank Sampah Induk ” Buncu Elha” yang beralamat di Jalan Sukmaraga RT. 7 No.61 Kelurahan Sungai Malang Amuntai juga menerima pembelian minyak goreng bekas pakai atau dikenal juga dengan minyak jelantah (used cooking oil).

Hal ini tentunya menjadi salah satu upaya Bank sampah Buncu Elha binaan Dinas Perumahan, Pemukiman Penduduk dan Lingkungan Hidup (Disperkim-LH) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) yang selama ini mencoba untuk kembali mengelola barang-barang bekas sehingga dapat didaur ulang dan dimanfaatkan kembali.

Direktur Bank Sampah Induk Buncu Elha, Jakaria, Senin (24/8/2020) mengatakan, setelah sekitar satu bulan terakhir menerima pembelian minyak jelantah, respon baik mulai diberikan masyarakat.

Dikatakan Jaka, respon tersebut terutama datang dari para pengusaha rumah makan yang selama ini banyak menghasilkan banyak minyak jelantah tersebut.

“Sekarang banyak yang jadi langganan jual minyak (jelantah) ke tempat kita, seperti rumah-rumah makan di seputar kota Amuntai,” jelas Jaka.

Ia menambahkan, sebagai tempat pengepul barang bekas, adapun harga beli untuk minyak jelantah sendiri di tempatnya (Buncu Elha) sekitar Rp 20 ribu perliter.

Menurut jaka, minyak jelantah sendiri merupakan bahan baku alternatif yang dimanfaatkan untuk program biodiesel di Indonesia, karenanya Bank Sampah Induk Buncu Elha sekarang juga menerima penjualan minyak jelantah.

“Bahan baku minyak bekas (jelantah) ini selanjutnya kita kirim ke Surabaya untuk digunakan sebagai bahan baku biodiesel,” lanjut Jaka.

Dirinya berharap, adanya pemanfaatan minyak jelantah ini masyarakat semakin sadar akan pentingnya menjaga lingkungan. Di samping tidak mencemari lingkungan, pemanfaatan minyak jelantah ini juga bisa menjadi nilai tambah ekonomi bagi rumah tangga, maupun industri rumah makan di HSU.

Untuk masyarakat yang ingin menjual minyak jelantah dan menjadi nasabah, kata Jaka, dapat langsung mendatangi bank sampah Buncu Elha atau menghubungi nomor HP : 0852 5277 4366.

“Motto kita, daripada dibuang lebih baik dijadikan duit, kada usah supan bakawan lawan sampah, duitnya halal. Dari sampah menjadi berkah,” pungkasnya. (Diskominfo/Wahyu)

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Dinas Kominfo HSU
Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Hulu Sungai Utara
%d blogger menyukai ini: