Sabtu, 5 Desember 2020
Umum

BAWASLU HSU AJAK MASYARAKAT BERSAMA-SAMA AWASI PEMILU

AMUNTAI – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) mengajak partisipasi masyarakat dalam pengawasan guna meminimalisir pelanggaran pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Selatan tahun 2020.

Hal ini seperti dikemukakan Ketua Bawaslu HSU Syardani saat membuka sosialisasi pengawasan pemilu partisipasif bersama tokoh masyarakat, ormas, organisasi mahasiswa, LSM, dan undangan lainnya, di Amuntai, Senin (19/10/2020).

Lebih lanjut, Syardani mengakui Bawaslu tidak cukup untuk bekerja sendiri tanpa adanya support dan bantuan dari seluruh lapisan masyarakat. Sehingga melalui kegiatan ini Bawaslu mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk berpartisipasi dalam Pengawasan Pemilu Gubernur dan Wakil Gubernur tahun 2020 ini.

“Kami mengajak semua pihak untuk berpartisipasi, bersama sama dalam menjaga jalannya pemilu Gubernur dan wakil gubernur Kalimantan Selatan tahun ini, dan apabila menemukan kecurangan hendaknya melaporkannya kepada kami,” ucap Syardani.

Syardani menyayangkan sikap masyarakat yang apabila menemukan kecurangan tidak sama sekali berusaha melaporkannya, karena menurutnya hal tersebut merupakan yang tidak seharusnya ada, termasuk tidak sama sekali berpartisipasi dalam pemungutan suara.

Karenanya ia mengakui pentingnya partisipasi ormas, organisasi mahasiswa, LSM, dan masyarakat yang sangat dibutuhkan dalam menjaga jalannya pemilu demokratis, aman, jujur, dan adil tanpa dicederai seperti politik uang.

“Sehingga pemimpin yang kita pilih dan memimpin kita nanti betul-betul berasal dari suara kita (rakyat),” imbuhnya.

Sementara itu, H Supriyanto Noor selaku perwakilan Bawaslu Provinsi Kalsel mengatakan sosialisasi partisipasif sangat diperlukan dalam penegakan demokrasi dalam pilkada tahun 2020.

“Saya mewakili Bawaslu provinsi sangat mengapresiasi kegiatan ini kepada para masyarakat khususnya para mahasiswa sahabat Bawaslu, setidaknya dengan mengikuti kegiatan ini, dapat memberikan suatu peran bagi kita semua keberanian untuk berperan dalam demokrasi di Indonesia,” tukasnya.

Selain menghadirkan Bawaslu provinsi sebagai pemateri, Bawaslu HSU juga menghadirkan pemateri Fathurrahman Kurnain selaku akademisi dari perguruan tinggi Universitas Lambung Mangkurat (ULM) dan ketua MUI HSU KH Said Masrawan. (Diskominfo/Wahyu)

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Dinas Kominfo HSU
Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Hulu Sungai Utara
error: Konten di lindungi !!
%d blogger menyukai ini: