Minggu, 20 September 2020
Umum

BNNK HSU GELAR RAPAT KERJA PROGRAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT ANTI NARKOBA

AMUNTAI – Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) menggelar rapat kerja program pemberdayaan masyarakat anti Narkoba bersama Instansi di lingkungan Pemerintah Kabupaten HSU, Rabu (19/8/2020).

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Hotel Balqis Amuntai ini salah satunya membahas tentang peranan instansi Pemerintah bagi Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) di Kabupaten HSU.

Wakil Bupati HSU H Husairi Abdi saat membuka kegiatan mengharapkan melalui kegiatan ini Kabupaten HSU dapat semakin menekan angka penyalahgunaan peredaran narkoba serta secara bersama dapat mewujudkan Kabupaten yang bersih dari narkoba.

“Tinggi penyalahgunaan narkoba harus kita imbangi dengan tindakan pencegahan, salah satunya melalui pembentukan relawan maupun penggiat anti narkoba yang saat ini kita laksanakan,” imbuh Husairi.

Sementara itu, Kepala BNN HSU Syamsudin menuturkan perlunya pemberdayaan masyarakat melalui perannya sebagai relawan anti narkoba, tidak hanya peranan instansi pemerintah akan tetapi juga masyarakat yang ada di desa.

“Kita pahami bahwasanya anggota kami (BNN) sangat sedikit, sehingga sangat diperlukan pembentukan relawan dari masyarakat,” kata Syamsudin.

Selain itu, ia juga mengharapkan peranan masing-masing instansi pemerintahan di lingkungan Pemkab HSU dapat membantu pencegahan penyalahgunaan narkoba khususnya bagi para ASN sendiri, di samping di lingkungan masyarakat.

Seiring dengan itu, Kepala Kantor Kesbangpol Kabupaten HSU Asikin Noor, saat menjadi pembicara mengatakan ada beberapa sekema dalam upaya pencegahan di lingkungan masyarakat serta peran Pemerintah daerah dalam P4GN tersebut salah satunya melalui fasilitas penyusunan perda tentang P4GN, sosialisasi , pelaksanaan deteksi dini, pemberdayaan masyarakat, dan pemetaan wilayah rawan.

Ia mengharapkan instansi di lingkungan Pemkab HSU setiap melakukan kegiatan dan sebagainya juga dapat selalu menyelipkan upaya pencegahan narkoba di instansinya masing-masing.

Adapun salah satu program yang rencananya digelar untuk pencegahan narkoba di lingkungan Pemkab HSU, kata Asikin, yaitu salah satunya dengan melakukan pelaksaanan test urin yang digelar secara rutin di setiap SKPD di waktu-waktu tertentu atau mendadak.

“Sedangkan rencana aksi daerah, yaitu penyusunan Raperda, sosialisasi dan penyuluhan, serta pemberdayaan masyarakat di kawasan rawan narkoba,” pungkasnya.

Selaim dihadiri langsung oleh Wabup HSU, hadir dalam acara ini seluruh perwakilan pejabat SKPD di lingkungan Pemkab HSU. (Diskominfo/Wahyu)

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Dinas Kominfo HSU
Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Hulu Sungai Utara
%d blogger menyukai ini: