Sabtu, 19 September 2020
Pendidikan

BPBD HSU SOSIALISASIKAN PENANGGULANGAN BENCANA BAGI PELAJAR

Amuntai – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) menggelar Sosialisasi Penanggulangan Bencana bagi pelajar SLTP, bertempat di  SMPN 2 Amuntai , Rabu (27/9). Kegiatan ini dihadiri Plt. Kepala BPBD HSU, Kapolres HSU, Dewan Guru, dan pelajar SMPN 2 Amuntai.

Menurut pihak BPBD HSU Muhammad Yusuf, kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan pencegahan kebakaran hutan dan lahan kepada anak sejak dini, serta untuk meningkatkan kepedulian terhadap masalah kebakaran hutan, agar mereka mengetahui bahaya kebakaran hutan tersebut.

“Mereka diharapkan dapat mendukung usaha pencegahan kebakaran hutan dan mampu berperan dalam mencegah kebakaran”, tambah Yusuf.

Sementara itu, dalam sambutan Bupati HSU yang dibacakan Plt. Kepala BPBD HSU Drs. Hasmi Riva’i, M.Si sangat mengapresiasi dan menyambut baik kegiatan sosialisasi ini.

“Melalui sosialisasi dan pelatihan ini, peserta dapat meningkatkan pengetahuan tentang tindakan sebelum, saat, dan sesudah terjadi bencana di lingkungan masyarakat, terutama di lingkungan sekolah. Selain itu juga dapat membangun budaya siaga dan meningkatkan kewaspadaan, serta membangun ketahanan dalam menghadapi bencana secara terencana, terpadu dan terkoordinasi.”, lanjut Hasmi.

Menurut Hasmi ancaman bencana bisa terjadi kapan saja dan dimana saja, yang bisa disebabkan oleh kondisi geografis atau ulah tangan manusia sendiri. Seperti halnya di Kabupaten HSU yang berpotensi terjadi bencana seperti banjir setiap tahunnya, sebab secara geografis posisi Kabupaten HSU termasuk dataran rendah yang 80 persennya wilayah perairan (Diskominfo/nata/wahyu).

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Dinas Kominfo HSU
Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Hulu Sungai Utara
%d blogger menyukai ini: