Sabtu, 19 September 2020
DekranasdaKerajinan

DEKRANASDA HSU JUARA 2 LOMBA DESAIN MOTIF DAN PEWARNA KAIN SASIRANGAN SE-KALSEL

BANJARMASIN – Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) meraih juara kedua dalam lomba desain motif dan pewarnaan kain sasirangan se-Kalimantan Selatan 2019.

Trofi pemenang lomba yang digelar di Dekranasda Kalsel, Rabu (20/11), diserahkan langsung oleh Kepala Dinas Perindustrian Provinsi Kalsel Mahyudin kepada para pemenang yang didampingi oleh Ketua Dekranasda masing-masing Kabupaten/Kota se-Kalsel.

Salah satu peserta Perwakilan Dekranasda HSU Zainal Fuad mengaku meski mendapatkan peringkat ke-2, namun hal ini dapat disyukuri karena HSU termasuk dalam kategori lomba pewarnaan alami yang terbilang cukup sulit untuk membuatnya di tengah menjamurnya pewarna kimia untuk bahan tekstil.

“Keindahan keanekaragaman hayati rawa itulah tema saya dalam lomba ini,” ungkap pemuda Kader Genre tersebut.

Diakuinya, selama pembuatan dan pewarnaan kain sasirangan berbahan alami ini cukup sulit terutama pada bahan buah pinang, karena perlu mengupas buah pinang yang terbilang keras,” ujarnya saat didampingi Ketua Dekranasda HSU Hj Anisah Rasyidah Wahid di Gedung Dekranasda Kalsel.

“Adapun bahan-bahan alami tersebut ujarnya yaitu buah pinang, daun ketapang, kayu tegeran, serbuk kayu ulin, dan indigofera,” sebutnya.

Sementara itu saat membuka kegiatan, Ketua Dekranasda Provinsi Kalsel Hj Raudhatul Jannah Sahbirin Noor dalam sambutannya mengimbau kepada Dekranasda Kabupaten/Kota se-Kalsel dapat berkoordinasi, saling memberi masukan dan pembinaan.

“Selalu kembangkan potensi, kembangkan inovasi dan kreativitas,” pesannya.

Menurut Raudhatul Jannah, pemasaran produk sasirangan harus terus ditingkatkan, terlebih di era kemajuan teknologi seperti sekarang ini, sistem penjualan berbasis online sangat membantu meningkatkan pemasaran yang lebih luas.

“Disamping meningkatkan hasil-hasil yang bisa dijual, kemudian mempermudah juga akses bagi pembeli dan penjual serta merupakan ajang promosi bagi kita untuk pemasarannya,” katanya

Karena, menurut Raudhatul Jannah kegiatan ini digelar setiap tahunnya salah satu tujuannya adalah untuk meningkatkan kualitas, kemudian juga sejauh mana kemampuan para pengrajin dalam berinovasi dan kreasi pada pembuatan kain sasirangan.

“Mudah-mudahan kegiatan ini dapat terus menerus digelar setiap tahunnya, sehingga bermanfaat bagi semua khususnya bagi pengrajin sasirangan dan terlebih penting lagi adalah guna tercapainya kesejahteraan masyarakat Banua kita tercinta Kalimantan Selatan,” pungkasnya.

Adapun pemenang untuk kategori pewarna alami dalam lomba desain motif dan pewarnaan kain sasirangan juara 1 diraih oleh Kabupaten Barito Kuala, juara 2 Kabupaten HSU, dan juara 3 Kabupaten Kotabaru.

Sedangkan untuk kategori pewarna kimia, juara pertama diraih oleh Kota Madya Banjarmasin, juara 2 Kota Banjarbaru, dan juara 3 diraih oleh Kabupaten Tapin. (Diskominfo/wahyu)

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Dinas Kominfo HSU
Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Hulu Sungai Utara
%d blogger menyukai ini: