Minggu, 1 November 2020
Pariwisata

DINAS PARIWISATA KALSEL GELAR AKSI SAPTA PESONA DI CANDI AGUNG AMUNTAI

AMUNTAI – Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Selatan bekerjasama dengan Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) menggelar Aksi Sapta Pesona di obyek wisata Candi Agung Amuntai, Selasa (15/9).

Kegiatan dihadiri Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kalsel Saripudin, Kepala Disporapar H Fajeri Ripani beserta Kabid dan Kasi, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) HSU Sugeng Riyadi, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dan Pawadahan Nanang Galuh, serta undangan, dengan diisi pertunjukan oleh Yayasan Sanggar Air HSU.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kalsel Saripudin mengatakan, setelah adanya pandemi corona, semua sektor pariwisata ditutup di Kalsel. Hal ini, mengakibatkan efek yang cukup terasa bagi kehidupan atau kesejahteraan masyarakat.

Dari program Dinas Pariwisata Kalsel, setelah beberapa bulan pariwisata tidak berjalan, pihaknya melakukan aksi pesona dengan tujuan kembali menghidupkan pariwisata di Kalsel, namun tidak mengurangi Protokol Kesehatan Covid-19.

“Kita tidak menghendaki dengan dibukanya tempat wisata akan menimbulkan cluster baru pada penyebaran Covid-19 ini. Kami terkesan dengan penampilan Sendratari yang dibawakan Sanggar Air HSU, hal itu menjadikan masyarakat terutama anak-anak untuk mengetahui kisah sejarah kerajaan Negara Dhipa,” ucapnya.

Dirinya berharap, dengan adanya program Aksi Sapta Pesona, geliat perekonomian dapat hidup atau bangkit kembali, karena dampak yang dialami banyak seperti pendapatan daerah berkurang.

“Kami dari Dinas Pariwisata Provinsi melaksanakan Aksi Sapta Pesona di semua kabupaten/kota se Kalsel, dengan harapan sektor pariwisata dapat bangkit lagi. Namun, para pengunjung ataupun pemilik dan pengelola selalu mengingatkan pengunjung agar mematuhi prokol kesehatan Covid-19,” pesannya.

Sementara itu, Kepala Disporapar HSU H Fajeri Ripani menyampaikan ucapan terima kasih kepada Dinas Pariwisata Kalsel yang telah melaksanakan kegiatan ini. Dia berharap nantinya di segala obyek wisata di HSU dapat menerapkan Sapta Pesona.

“InsyaAllah kalau Candi Agung telah mencakup Sapta Pesona,” imbuhnya.

Fajeri juga menambahkan, di HSU sendiri memiliki Kampung Tangguh Banua yang memiliki wisata rumah singgah terapung, tepatnya di Desa Banyu Hirang Kecamatan Amuntai Selatan. Beberapa waktu lalu Kampung Tangguh Banua di HSU meraih juara dua tingkat Provinsi Kalsel.

“Hal ini tidak terlepas dari adanya sadar wisata. Artinya, pihak pengelola dapat memberikan pelayanan yang baik terhadap tamu yang datang berkunjung,” ceritanya.

“Kampung Tangguh Banua di Desa Banyu Hirang ini telah viral, sehingga banyak pengunjung yang telah datang ke lokasi tersebut,” tambahnya.

Pemerintah daerah berjanji akan mendukung peningkatan di sektor wisata, sehingga mampu meningkatkan PAD daerah itu sendiri.

Di akhir acara, Dinas Pariwisata menyerahkan bantuan alat kebersihan dan melakukan aksi bersih-bersih di lokasi Candi Agung Amuntai oleh tamu dan undangan. (Diskominfo/nata/aulia)

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Dinas Kominfo HSU
Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Hulu Sungai Utara
error: Konten di lindungi !!
%d blogger menyukai ini: