Minggu, 20 September 2020
PemerintahanPertanian

HARI LAPANG TANI DAN TANAM PERDANA PROGRAM “SERASI”

AMUNTAI – Kegiatan Hari Lapang Tani dan Tanam Perdana Tahun 2019 Program Selamatkan Rawa Sejahterakan Petani (SERASI) dilaksanakan di Desa Panyiuran Kecamatan Amuntai Selatan Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Selasa (24/12).

Kegiatan ini sebagai salah satu metode pemberdayaan petani melalui pertemuan antara para petani, peneliti, dan penyuluh untuk saling tukar menukar informasi tentang teknologi pertanian yang diterapkan dan diharapkan adanya umpan balik dari petani.

Plt Kepala Dinas Pertanian HSU H Yuli Hertawan mengatakan, SERASI (Program Selamatkan Rawa Sejahterakan Petani) merupakan program pemerintah tahun 2019 dalam upaya meningkatkan pemanfaatan lahan rawa se-Indonesia. Pada tahun 2019 ini dipilih 2 provinsi besar, yaitu Sumatera Selatan dan Kalimantan Selatan, termasuk di dalamnya Kabupaten Hulu Sungai Utara.

“Kita mendapat target untuk tahun 2019 sebanyak 594 hektar lahan diharapkan panen padi tidak 1 kali dalam setahun lagi, tetapi 2 kali dalam setahun. Itu dimulai dengan cara memperbaiki infrastruktur lahan agar pada saat musim kemarau tidak terjadi kekeringan dan pada saat musim hujan air berlimpah bisa dikurangi,” terangnya.

Seiring dengan itu, Wakil Bupati HSU H Husairi Abdi dalam sambutannya berharap melalui kegiatan ini akan mensejahterakan dan meningkatkan pendapatan petani di Kabupaten HSU.

“Ditambah lagi dengan adanya penyerahan bantuan alat transportasi untuk memudahkan dan memperlancar kegiatan para penyuluh pertanian, tentunya harapan kita lebih giat lagi untuk melakukan penyuluhan di desa-desa,” harap Husairi.

Diakhir acara dilanjutkan dengan penyerahan bantuan 2 unit sarana angkut dan 18 unit kendaran roda dua untuk penyuluh pertanian. (Diskominfo/alpian/eddy)

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Dinas Kominfo HSU
Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Hulu Sungai Utara
%d blogger menyukai ini: