Jumat, 22 Januari 2021
Lingkungan Hidup

HARI MENANAM POHON INDONESIA, 1000 BIBIT DITANAM DI HSU

AMUNTAI – Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Selatan melalui UPT KPH Balangan melakukan kegiatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI). Kegiatan ini dilaksanakan secara serentak di Provinsi Kalimantan Selatan dalam rangka Gerakan Nasional Pemulihan Daerah Aliran Sungai (GNPDAS) di Kabupaten Hulu Sungai Utara, diikuti oleh Komunitas Hijau Rarawa, HMPI, dan Baznas Kementerian Agama.

Penanaman pohon ini merupakan gerakan peduli lingkungan dengan tema “Satu Pohon Sejuta Manfaat”. Penanaman pohon dilakukan oleh M. Emir Faisal KPH Balangan bersama seluruh jajaran di samping lapangan Sungai Malang.

Kegiatan ini secara serentak dilaksanakan dalam rangka untuk menyehatkan GNPDAS di Kalimantan Selatan, terlebih untuk mencengah terjadinya banjir dan longsor. Kegiatan ini dilaksanakan setiap tahun untuk melaksanakan HMPI yang biasa dilaksanakan pada tanggal 28 November.

“Kegiatan yang dilaksanakan berupa penanaman dan pembagian bibit yang dilaksanakan di dua lokasi, yaitu di sekitaran lapangan Sungai Malang dan di Palimbangan Sari. Total bibit yang dibagikan sekitar 1000 bibit terdiri dari jenis pohon mahoni, pohon trembesi, dan tanaman-tanaman buah,” kata Emir Faisal.

Kegiatan ini bertujuan untuk menjaga dan pentingnya lingkungan agar udara tetap segar dari polusi yang dapat menimbulkan sumber penyakit. Selain itu penanaman pohon ini juga dapat menguatkan kondisi tanah melalui cengkaraman akar-akarnya .

“Dengan adanya kegiatan HPMI dan GNPDAS ini diharapkan masyarakat dapat memelihara lingkungan di sekitar untuk kelestarian alam kita. Dengan kegiatan ini masyarakat bisa mencontoh kegiatan penanaman ini,” harap Emir. (Diskominfo/Jimmy/ Rizki)

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Dinas Kominfo HSU
Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Hulu Sungai Utara
error: Konten di lindungi !!
%d blogger menyukai ini: