Kamis, 29 Oktober 2020
Pemerintahan

Hilangkan Kesan Kumuh Melalui Program Kotaku Semua Elemen Diharapkan Ikut Serta Program Bebas Pemukiman Kumuh

program-kotakuGelar Workshop ‘Kotaku’ dari Dirjen Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PU-Pera) dipusatkan di Hotel Balqis Kabupaten Hulu Sungai Utara, dikenalkan Selasa (27/9). Kepala Bappeda H Fajeri Ripani mewakili Bupati HSU H Abdul Wahid HK hadir membuka kegiatan.

“Kami sangat menyambut positif program ‘Kotaku’ dalam menata kawasan kumuh dan padat pemukiman di wilayah HSU,” kata Fajeri saat sambutan pembuka di acara tersebut.

Menurutnya, melakukan penataan dan pembinaan kawasan hunian kumuh, tak semudah membalikkan telapak tangan. “Harus ada kolaborasi antara pemilik kebijakan sampai ketingkat warga harus dibangun agar semua berjalan antara target program dan masyarakat juga menerima tujuan program tersebut,” sampainya.

Sementara itu, Satker Program dari Provinsi Kalsel H Ramlan ST, menjelaskan, bahwa Program Kotaku HSU membawa tema ‘Siap Berkolaborasi menuju HSU Layak Huni dan Berkelanjutan’ merupakan upaya strategis Pembangunan Kawasan Pemukiman Dirjen Cipta Karya.

Dalam rangka meningkatkan peran masyarakat dalam ikut serta memperkuat pemerintah dalam penanganan kawasan kumuh dan mendukung gerakan ‘100-0-100’ yaitu seratus persen akses universal air munum dan sanitasi, serta nol persen kawasan kumuh.

“Jadi Kotaku merupakan platfrom kolaborasi pelaku, mulai pemerintah pusat, provinsi, daerah, swasta sampai warga dalam mewujudkan pemukiman layak huni, produktif dan berkelanjutan,” ujarnya pada kegiatan tersebut. Dengan tujuan meningkatkan khualitas kawasan pemukiman dan pencegahan kumuh.

“Secara nasional ada 269 kabupaten/kota dengan luasan program kumuh 23.473 hekatere,” sampainya. Dimana untuk Kabupaten HSU luasan pemukiman 213.76 dengan SK Bupati No 484 Tahun 2014,” sampainya.

Maka dari itu dukungan semua elemen dalam mewujudkan program ini penting, tutupnya. Adapun peserta workshop yakni kepala desa dan lurah serta pendamping program di HSU. (mar)

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Dinas Kominfo HSU
Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Hulu Sungai Utara
error: Konten di lindungi !!
%d blogger menyukai ini: