Jumat, 5 Juni 2020
Desa

HSU LAKSANAKAN PEMILIHAN KEPALA DESA SERENTAK DI 75 DESA

AMUNTAI – Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) melaksanakan Pemilihan Kepala Desa serentak di 75 Desa 10 Kecamatan, yaitu Amuntai Selatan, Amuntai Tengah, Amuntai Utara, Babirik, Banjang, Danau Panggang, Haur Gading, Paminggir, Sungai Pandan, dan Sungai Tabukan, Rabu (21/11).

Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) HSU H. Joharyadi mengatakan, untuk Kabupaten HSU ada 75 Desa di seluruh Kecamatan di HSU mengikuti pemilihan Kepala Desa dengan total 241 orang calon Kepala Desa dengan total Daftar Pemilih Tetap (DPT) 46.848 orang.

“Ada 64 orang calon Kepala Desa petahana yang mengikuti pemilihan Kepala Desa dan 11 orang petahana kemarin tidak mencalonkan kembali,” kata Joharyadi.

Ia juga menyampaikan, tahapan selanjutnya setelah terpilihnya Kepala Desa yang baru ini, akan ada dua pelantikan yang akan digelar yaitu pada bulan Desember dan bulan Januari yang akan langsung dilantik oleh Bupati HSU.

“Kepala Desa yang baru diharapkan dapat menjalankan pemerintahan desa yang tepat dan menjalankan tugas dengan benar,” harap Joharyadi.

Joharyadi menjelaskan, sesuai dengan rencana dalam arahan Bupati HSU, Kepala Desa yang baru dilantik akan diberi pembekalan materi untuk memberikan kinerja aparat desa semaksimal mungkin di HSU dan tahu fungsi serta tugas dari aparat desa itu sendiri.

“Materi yang akan diberikan berupa Bimbingan Teknis (Bimtek) yang berlangsung mungkin 5 sampai 7 hari, di luar daerah,” tambahnya.

Terpisah, salah satu panitia penyelenggara Pilkades Desa Palampitan Hilir, Eka Yupita Ningsih mengatakan, jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Desa Palampitan Hilir yang terdata 1.843 orang sedangkan yang hadir ke TPS 1.275 orang.

“Kepada calon Kepala Desa yang terpilih semoga menjadikan desa kami lebih baik lagi, semakin maju, dan dapat menjaga amanah dari masyarakat,” harapnya.

Dalam pemilihan kepala desa ini, petugas kepolisian dari HSU juga diterjunkan ke lokasi TPS untuk mengamankan proses pemungutan suara, seperti di Amuntai Tengah.

Kapolsek Amuntai Kota Iptu Syaifullah mengatakan, untuk personil di di Polsek Amuntai Kota pihaknya menerjunkan petugas di 2 TPS di wilayah Amuntai Tengah, yaitu Desa Palampitan Hilir dan Desa Tangga Ulin Hulu.

“Untuk daerah Palampitan Hilir 5 personil diturunkan dan Desa Tangga Ulin ada 2 personil,” ujarnya.

“Alhamdulliah sementara saat ini berjalan aman, bahkan di Desa Tangga Ulin Hulu sudah selesai, sementara di sini masih berjalan karena banyak pemilihnya,” ucap Kapolsek Amuntai Kota saat ditemui di Desa Palampitan Hilir. (Diskominfo/ricky/jimmy)

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Dinas Kominfo HSU
Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Hulu Sungai Utara
error: Konten di lindungi !!