Minggu, 20 September 2020
Umum

IKATAN PESANTREN INDONESIA KABUPATEN HSU 2020-2025 DILANTIK

AMUNTAI – Pelantikan dan Pengukuhan Dewan Pengurus Cabang Ikatan Pesantren Indonesia Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) masa khidmat tahun 2020-2025 berlangsung di Aula Idham Chalid Amuntai, Rabu (27/7).

Kegiatan dihadiri Bupati HSU, Sekretaris Daerah, Kepala Kemenag HSU, Ketua MUI HSU, serta Ketua Dewan Pengurus Wilayah Ikatan Pesantren Indonesia Provinsi Kalimantan Selatan.

Acara diawali dengan pembacaan do’a dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars HSU, kemudian dilanjutkan dengan lantunan Ayat-ayat suci Al-Qur’an yang dibacakan oleh Qori Aulia Noor Ilmi.

Prosesi pelantikan dan pengukuhan Dewan Perwakilan Cabang (DPC) Ikatan Pesantren Indonesia (IPI) diawali dengan pembacaaan surat keputusan kepengurusan DPC dengan membaca ikrar yang dipimpin oleh Ketua Harian Dewan Pengurus Wilayah Ikatan Pesantren Indonesia Provinsi Kalsel KH Abdul Hamid, dilantik langsung oleh Bupati HSU didampingi Ketua DPRD HSU bersama Ketua IPI Provinsi Kalsel. Dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara pelantikan, serta penyerahan bendera pataka IPI oleh Ketua IPI Provinsi kepada Bupati HSU dan dilanjutkan kepada DPC IPI HSU.

Pesantren adalah lembaga pendidikan Islam, lembaga dakwah, dan lembaga sosial kemasyarakatan yang memberikan warna dan corak khas dalam wajah masyarakat Indonesia khususnya di daerah Kabupaten Hulu Sungai Utara. Pesantren telah ikut serta membentuk dan memberikan corak serta nilai kehidupan pada masyarakat yang senantiasa tumbuh dan berkembang.

KH. Abdul Bari selaku Ketua DPC IPI HSU dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Bupati atas bimbingan dan petunjuknya sehingga terlaksana kegiatan ini.

“Saya juga memohon kepada Bapak Bupati, bantulah kami dalam memajukan pesantren di kabupaten kita ini,” harapnya.

KH. Muhammad Mukri Yunus selaku Ketua IPI Kalsel menyampaikan bahwa IPI bukanlah mengambil peran organisasi lain, tetapi saling bersinergi, saling menguatkan, sehingga bisa maju bersama.

Sementara itu, Kepala Kemenag HSU H. Yusran mengharapkan sesegeranya IPI menyusun program kerja yang mengacu pada AD ART (anggaran dasar/anggaran rumah tangga) agar tidak ada kegiatan menyimpang dari kegiatan IPI itu sendiri.

“Sehingga apapun yang dilakukan akan membuahkan hasil yang memuaskan dan hasil yang maksimal, saya mengucapkan selamat berjuang,” ucapnya.

Bupati HSU H. Abdul Wahid HK menaruh harapan besar kepada pengurus Ikatan Pondok Pesantren yang baru dilantik, agar menjalankan tugas dan mengemban amanah dengan baik.

“Kita semua yang hadir disini, dan tentunya juga seluruh masyarakat Hulu Sungai Utara, khususnya keluarga besar pondok pesantren se-Hulu Sungai Utara, menaruh harapan besar agar suadara sekalian yang baru saja dilantik dapat mengemban dan menjalankan tugas, amanah yang dipercayakan dengan baik dan penuh tanggung jawab,” harap Wahid.

“Melalui momentum ini, kami juga berharap hendaknya kita terus menjalin kebersamaan, kerjasama dan saling mendukung dalam upaya kita memajukan dan mengembangkan lembaga pendidikan pesantren yang ada di kabupaten Hulu Sungai Utara,” lanjutnya. (Diskominfo/Ikhsan/Utam)

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Dinas Kominfo HSU
Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Hulu Sungai Utara
%d blogger menyukai ini: