Sabtu, 19 September 2020
Kesehatan

LSS PROVINSI KALSEL, MIN 9 WAKILI HSU TINGKAT SEKOLAH DASAR

Amuntai – Madrasah Ibtidaiyah Negeri 9 Hulu Sungai Utara (HSU) yang terletak di Desa Harus Kecamatan Amuntai Tengah terpilih sebagai perwakilan Lomba Sekolah Sehat (LSS) Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2018 untuk kategori sekolah dasar. Penilaian dilaksanakan Kamis kemarin, (8/11).

Kedatangan tim penilai didampingi oleh Wakil Bupati HSU selaku Ketua Tim Pembina UKS Kabupaten, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas Pendidikan, Kantor Kementerian Agama HSU, TP PKK HSU, Dharma Wanita Persatuan, Kelompok Kerja Madrasah Kabupaten HSU, Komite MIN 9 HSU, dan Camat Amuntai Tengah.

“Terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada MIN 9 Kabupaten HSU. Terima kasih juga atas sumbangan dana berupa uang pembinaan dari Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, dan Kelompok Kerja Madrasah,” ucap Kepala Sekolah MIN 9 HSU Hj. Khairati.

Khairati mengungkapkan, MIN 9 HSU memiliki sarana yang terdiri dari 6 ruang kelas, 1 ruang mushola, 1 buah kantin, 1 ruang UKS , 5 buah WC murid, 1 buah WC guru, halaman yang bisa dimanfaatkan untuk bermain tenis, voli, bulu tangkis, dan permainan anak lainnya, serta 1 ruang perpustakaan yang bekerjasama dengan perpustakaan daerah. MIN 9 HSU juga memilki kebun sekolah, parkir, gudang, serta tempat pengolahan sampah organik menjadi pupuk kompos.

“Kami juga menerapkan Trias UKS pada pelajaran umum pada pelajaran PJOK sebanyak 4 jam dalam seminggu untuk semua kelas. Guru kelas mengajar PJOK, tidak mesti guru olahraga. Kami juga menerapkan pelajaran keagaman yang mencakup kebersihan, seperti pelajaran fiqih yang diajarkan pada anak, serta kombinasi kesehatan antara pelajaran agama dan PJOK,” ungkap Khairati.

Di samping itu, pihaknya juga melaksanakan pelatihan Dokter Kecil setiap tahunnya.

“Alhamdulillah, MIN 9 HSU juara 1 tingkat Provinsi tahun 2014. Ada juga pembinaan lingkungan sekolah sehat dan kantin sehat. MIN 9 HSU telah mendapatkan rekomendsasi makanan kantin sehat dari BPOM,” ungkapnya.

Menurutnya, kesehatan tidak hanya ditujukan pada murid, namun dari Dinas Kesehatan juga sudah memberikan penyuluhan kesehatan untuk masyarakat.

“TP PKK juga mengatur menu sesuai kadar gizi untuk makanan yang dikonsumsi anak saat di sekolah. Kemenag dan Pemerintah Daerah juga sangat mendukung. Kami bekerja sama dengan BKN Kabupaten HSU,” lanjutnya.

“Kami yakin Tim Pembina UKS Kabupaten HSU sudah sangat berperan. Jadi hari ini kami lakukan observasi untuk menilai sejauh mana upaya yang sudah dilakukan,” kata Ketua Tim Penilai dr. Rina Darmawati. (Diskominfo/ikhsan/indah)

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Dinas Kominfo HSU
Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Hulu Sungai Utara
%d blogger menyukai ini: