Rabu, 8 Juli 2020
Umum

MAHASISWA DIBERI SOSIALISASI PEMBERANTASAN OBAT ILEGAL DAN PENYALAHGUNAANNYA

AMUNTAI – Dalam rangka mendukung aksi nasional pemberantasan obat ilegal dan penyalahgunaan obat, Kantor Badan POM Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) melaksanakan sosialisasi kepada kalangan mahasiswa.

Sosialisasi dilaksanakan di aula Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Rakha Amuntai, Kamis (12/3), dengan pembicara Kepala BPOM HSU Bambang Hery Purwanto yang memberikan pemahaman tentang akibat dan upaya menghindari penyalahgunaan obat.

Bambang menjelaskan bahwa salah satu alasan hadirnya kantor BPOM di Kabupaten HSU adalah untuk melakukan pendekatan dengan masyarakat, agar segala penyalahgunaan obat mengalami penurunan khususnya di kabupaten HSU yang pernah mengalami kasus besar penyalahgunan obat beberapa tahun silam.

Karena menurut Bambang, provinsi Kalsel dinilai dari segi ekonomi barang bukti yang didapat perkara obat ilegal dan penyalahgunaan obat-obatan merupakan salah satu yang tertinggi Indonesia yakni mencapai Rp 79.784.196.000,-

“Karena penyalahgunaan obat ini masif di Kalimantan Selatan, makanya perlu penanganan khusus,” ujar Bambang.

Di samping menyebutkan alasan hadirnya BPOM di tengah-tengah masyarakat HSU, Kepala BPOM HSU ini juga memaparkan perihal terkait jenis, merk, kode obat, serta sebab akibat penyalahgunaan obat-obatan. Ditambah lagi dengan tips dan cara mengenali obat yang benar dalam penggunaannya.

Selain itu, Bambang juga mengajak para mahasiswa untuk dapat bersama-sama membantu BPOM dalam upaya pencegahan penyalahgunaan obat-obatan di lingkungannya masing-masing khususnya obat-obatan daftar G yang sudah dilarang izin edarnya oleh pemerintah.

Dalam kegiatan kali ini, di samping diisi dengan pemaparan materi dan sesi Tanya jawab, kegiatan ini juga diisi dengan game-game menarik yang menambah semangat para peserta yang notabene kalangan mahasiswa dan mahasiswi. (Diskominfo/Wahyu)

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Dinas Kominfo HSU
Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Hulu Sungai Utara
error: Konten di lindungi !!
%d blogger menyukai ini: