Rabu, 23 September 2020
Umum

PC NU ALABIO PERINGATI HARI SANTRI NASIONAL

Amuntai – Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Alabio Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) memperingati Hari Santri Nasional Tahun 2018, bertempat di Lapangan Gembira Alabio Kecamatan Sungai Pandan, Senin (22/10).

Kegiatan ini diikuti ratusan santri yang terhimpun dalam Nahdlatul Ulama cabang Alabio, baik Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, Madrasah Aliyah, serta dari pondok pesantren.

Tampak hadir pula Sekretaris Kecamatan Sungai Pandan, Danramil Sungai Pandan, para kyai dan ulama, pimpinan ormas Islam, pengurus Fatayat NU cabang Alabio, dan jajaran pengurus cabang Nahdlatul Ulama Alabio.

Ketua Nahdlatul Ulama Cabang Alabio H. Herwansyah Budi mengatakan, peringatan Hari Santri Nasional pada hari ini merupakan sebuah peristiwa yang sangat penting dan bersejarah bagi bangsa indonesia, karena sejarah telah mencatat bahwa para santri telah mewakafkan hidupnya untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia dan mewujudkan cita-cita kemerdekaan tersebut. Mereka mempunyai cara masing-masing untuk bergabung dengan seluruh elemen bangsa guna melawan penjajah, menyusun kekuatan di daerah-daerah terpencil, mengatur strategi, mengajarkan tentang arti kemerdekaan, kebhinekaan, serta kedaulatan bangsa Indonesia.

Adapun peringatan Hari Santri Nasional ini adalah untuk mengingat dan meneladani semangat jihad keindonesiaan para pendahulu, semangat kebangsaan, semangat cinta tanah air, serta semangat rela berkorban untuk bangsa dan negara.

“Karena itu diharapkan kepada para santri, baik di pesantren maupun di luar pesantren dan seluruh anak bangsa dapat memperkuat jiwa religius keislaman, sekaligus jiwa nasionalisme kebangsaan. Dengan mewarisi semangat ini para santri selalu ingat untuk selalu berjihad kepada bangsa, tanah air tumpah darah Indonesia kita tercinta ini,” pesannya.

Dalam kesempatan itu, Herwansyah Budi juga menyampaikan program “Ayo Mondok” yang merupakan program untuk memperkuat kembali eksistensi pesantren sebagai wadah candradimuka bagi kader-kader ulama masa depan.

“Karena pesantren sebagai lembaga pendidikan Islam tertua di Indonesia telah banyak memberikan kontribusi untuk negeri Indonesia tercinta,” imbuhnya.

Kegiatan ini dimeriahkan dengan penampilan atraksi Drum Band Anshor serta atraksi pencak silat dari putra-putri Pagar Nusa Nahdlatul Ulama Alabio. (Diskominfo/yanto/indah)

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Dinas Kominfo HSU
Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Hulu Sungai Utara
%d blogger menyukai ini: