Minggu, 1 November 2020
Sosial

PEDULI COVID-19, SMKN 1 AMUNTAI PRODUKSI SENDIRI HAND SANITIZER

AMUNTAI – Peduli Covid-19, SMKN 1 Amuntai memproduksi sendiri cairan antiseptik untuk tangan (hand sanitizer) yang dibagikan gratis ke berbagai instansi pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara.

Ketua jurusan Farmasi SMKN 1 Amuntai, Komang mengatakan, hand sanitizer dibikin sendiri oleh para siswa kelas XII jurusan Farmasi.

“Kami melihat masyarakat kesulitan mendapatkan atau membeli hand sanitizer, jadi kami tergerak untuk membantu, kebetulan siswa kita di jurusan Farmasi memiliki pengetahuan sedikit untuk membikin cairan antiseptik,” ujar Komang.

Komang menjelaskan, komposisi hand sanitizer yang mereka bikin terdiri atas air, etanol, hidrogen, gliserol oil, dan peroksida.

Dikatakan, biaya untuk memproduksi hand sanitizer berasal dari anggaran sekolah. Untuk permulaan produksi biayanya tidak begitu besar.

Namun, katanya, pihak SMKN 1 Amuntai berencana meneruskan produksi karena ada juga anggaran khusus peduli Covid-19.

Saat menyerahkan hand sanitizer secara gratis ke Dinas Kominfo HSU, Komang mengungkapkan jika pihak SMKN 1 dalam meneruskan produksi terkendala terbatasnya bahan etanol dan botol isi ulang ukuran kecil, sehingga berharap instansi atau lembaga terkait yang peduli bisa membantu mereka.

Kabid Informasi dan Komunikasi Publik Diskominfo HSU Hj Khalidiyah menilai apa yang dilakukan guru dan siswa SMKN 1 Amuntai sangat kreatif karena bisa membaca situasi yang terjadi.

“Kalau bisa SMKN 1 Amuntai atau pun pihak lainnya yang juga bisa membantu kesulitan masyarakat saat ini yang kesulitan mendapatkan masker,” kata Khalidiyah.

Khalidiyah bersama Sekretaris Dinas Kominfo Amidhan yang menerima kedatangan pihak guru SMKN 1 Amuntai sangat berterima kasih atas bantuan hand sanitizer, dan lebih suprise lagi karena diproduksi sendiri. (Diskominfo/Eddy Abdillah)

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Dinas Kominfo HSU
Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Hulu Sungai Utara
error: Konten di lindungi !!
%d blogger menyukai ini: