Minggu, 20 September 2020
KesehatanKetertiban

PELANGGAR DISIPLIN PROTOKOL KESEHATAN DI HSU DIBERI SANKSI

AMUNTAI – Hanya dalam waktu beberapa jam, puluhan pengguna jalan roda dua dan roda empat di kawasan Amuntai Kota terjaring razia petugas gabungan Satpol PP, TNI, POLRI lantaran tidak menggunakan masker saat keluar rumah dan tidak mematuhi protokol kesehatan.

Razia penegakan displin wajib menggunakan masker merupakan tindak lanjut instruksi Peraturan Bupati Hulu Sungai Utara (HSU) Nomor 37 tahun 2020 tentang peningkatan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan dalam pencegahan dan pengendalian virus Covid -19 yang mulai diberlakukan Senin 7 September 2020.

Plt Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP dan Damkar) HSU Jumadi mengatakan, setelah mulainya diberlakukan penegakan disiplin dan penerapan protokol kesehatan, akan ada penindakan kepada masyarakat yang melanggar protokol kesehatan seperti tidak memakai masker.

“Karena menurut ketentuan bahwa setiap warga masyarakat yang keluar rumah wajib menggunakan masker,” tegas Jumadi.

Menurut Jumadi, masyarakat yang masih tidak menggunakan masker maka akan ditindak dengan memberikan sanksi secara bertahap dari berupa teguran, sanksi sosial hingga sanksi adiministratif berupa uang denda Rp 100.000 rupiah.

“Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mempercepat pemberantasan virus covid – 19 yang mewabah saat ini,” terang Jumadi.

Pemerintah Kabupaten HSU juga telah melakukan sosialisasi sebelumnya kepada masyarakat tentang peraturan bupati nomor 37 tahun 2020 tersebut.

Ia juga mengatakan, berdasarkan pantauan di lapangan masih banyak masyarakat yang tidak peduli/tidak menggunakan masker dengan berbagai macam alasan seperti lupa membawa masker, maskernya hilang, membawa masker tapi tidak digunakan, dan juga ada beberapa menggunakan alasan tidak nyaman saat memakai masker.

“Kami himbau masyarakat tolong patuhi protokol kesehatan, kerena sanksinya tegas, jelas, dan terukur,” pesan Jumadi.

Kegiatan penegakan displin menggunakan masker akan dilaksanakan sebanyak 30 kali kegiatan dilaksanakan di seluruh kecamatan di HSU dengan tanggal waktu yang sudah ditentukan. (Diskominfo/ricky)

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Dinas Kominfo HSU
Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Hulu Sungai Utara
%d blogger menyukai ini: