Minggu, 20 September 2020
Umum

PERINGATI 10 MUHARRAM, RATUSAN ANAK YATIM DIBERI SANTUNAN

AMUNTAI – Peringatan sepuluh Muharram merupakan tradisi yang dilakukan oleh para tokoh masyarakat dan ulama terdahulu. Dalam acara ini dilaksanakan prosesi meminyaki rambut para anak yatim sebagai bentuk rasa menyanyangi dan manyantuni anak yatim itu sendiri.

Seperti yang di laksanakan di Desa Keramat Kecamatan Haur Gading Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Sabtu (29/8), tradisi ini merupakan pelaksanaan yang kesekian kalinya mengingat kegiatan ini sudah dilaksanakan puluhan tahun yang lalu tepatnya tahun 1960. Kegiatan yang bertempat di halaman Madrasah Ibtidaiyah Intisyarul Mabarrat Desa Keramat Kecamatan Haur Gading ini dilaksanakan oleh pengurus Yayasan Intisyarul Mabarrat Haur Gading, diikuti 122 orang anak yatim.

Dalam prosesi kegiatan meminyaki rambut anak yatim tersebut para dermawan atau masyarakat dengan sukarela memberikan bantuan uang atau bahan makanan bahkan voucer untuk potong rambut, sebagai bentuk rasa mengayomi dan menyantuni.

Tak terkecuali Bupati Hulu Sungai Utara (HSU) H Abdul Wahid berserta istri juga turut memberikan batuan yang diserahkan oleh Pjs Kepala Desa Keramat Yurdani mewakili Bupati kepada panitia, untuk selanjutnya dibagikan kepada anak yatim. Adapun bantuan tersebut berupa sejumlah amplop yang berisi uang senilai 20 ribu rupiah sebanyak 200 lembar amplop dengan total nilai uang 4 juta rupiah.

Ketua panitia pelaksana H. Andarani menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati HSU serta kepada para dermawan lainnya, baik yang berada di HSU ataupun yang di luar daerah HSU.

“Saya sebagai Ketua Panitia menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak Abdul Wahid dan Ibu Anisah Wahid atas bantuannya dan bantuan tersebut akan kami bagikan langsung kepada anak yatim ini,” ujarnya.

Diketahui bahwa hasil sumbangan sukarela dari awal acara sampai akhir acara berjumlah seratus sembilan juta rupiah yang mana uang tersebut selanjutnya diserahkan kepada anak yatim masing-masing senilai delapan ratus delapan puluh ribu rupiah per orang.

Sementara itu Ketua Yayasan Intisyarul Mabarrat Haur Gading H. M. Gupran mengapresiasi panitia pelaksana, karena dalam kegiatan ini panitia menerapkan protokol kesehatan, hal ini juga ditegaskan oleh Camat Haur Gading Kamarudin.

“Saya ucapkan terima kasih kepada panitia yang telah menjalankan protokol kesehatan dalam pelaksanaan acara ini,” ucapnya.

Acara peringatan sepuluh Muharram tetap mematuhi protokol kesehatan. Para relawan Palang Merah Indonesia HSU secara langsung ikut terlibat dalam kegiatan ini dengan membagikan sarung tangan dan masker serta memberikan himbauan langsung melalui pengeras suara agar semua orang mematuhi protokol kesehatan, di antaranya menggunakan masker, mencuci tangan, serta tetap menjaga jarak. (Diskominfo/Rahman/Aulia)

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Dinas Kominfo HSU
Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Hulu Sungai Utara
%d blogger menyukai ini: