Minggu, 1 November 2020
Umum

PROGRAM TMMD DIHARAPKAN TINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT

AMUNTAI – Tim Pengawas dan Evaluasi (Wasev) dari Markas Besar Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (Mabes TNI AD) meninjau program fisik TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 109 Kodim 1001/Amuntai di Desa Sarang Burung, Kecamatan Danau Panggang Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Kamis (15/10/2020).

Kedatangan Tim Pengawasan dan evaluasi (Wasev) TNI yang diketuai Brigjen TNI Legowo W. R. Jatmiko, S.I.P., M.M. (Irter Itum Itjenad) didampingi langsung Wakil Bupati HSU H Husairi Abdi saat ke lokasi TMMD, di antaranya meninjau pengerjaan perluasan jalan, dua buah rehab rumah warga dan sebuah tempat ibadah musolla.

Dalam peninjauan Wasev TMMD ini juga dilaksanakan pemberian bantuan seperti 300 ekor anak itik, masker, sembako dan lain sebagainya kepada perwakilan warga desa setempat.

Wabup HSU H. Husairi Abdi selaku kepala daerah menuturkan, adanya program TMMD ini sangat terasa sekali menfaatnya oleh masyarakat. Dengan kemanunggalan TNI Pemerintah Kabupaten HSU dan masyarakat, diharapkan menjadi salah satu jalan bagi terwujudnya kesejahteraan masyarakat.

“Karena apa yang dihasilkan dalam program TMMD ini, dapat berguna dan dimanfaatkan untuk kepentingan kita bersama, dan dapat mendukung terwujudnya visi HSU yaitu MANTAP Maju, Mandiri, Sejahtera, Agamis dan Produktif,” kata Wabup Husairi.

Selain itu, dirinya juga memberikan apresiasi kepada jajaran TNI dalam hal ini Kodam VI/Mulawarman dan Korem 101 Antasari serta Kodim 1001 Amuntai atas Dharma Baktinya dalam melaksanakan TMMD ke – 109 tahun 2020 dengan tema “TMMD Pengabdian Untuk Negeri”.

Sebelum bertolak melakukan peninjauan kelokasi TMMD, Tim Pengawas dan Evaluasi (Wasev) mendapatkan pemaparan langsung dari Dandim 1001/Amuntai terkait pencapaian kegiatan TMMD ke 109, yaitu sasaran Fisik dan Nonfisik serta hasil yang telah di capai selama kegiatan TMMD mulai dari pembukaan hingga hasil yang didapat dan menjelaskan sasaran nonfisik dalam kegiatan Satgas TMMD ke 109 di Desa Sarang Burung.

Dandim 1001/Amuntai Letkol Inf Ali Ahmad Satriyadi selaku Dansatgas TMMD mengatakan, bahwa hingga hari ke 24 pelaksanaan TMMD di Desa Sarang Burung telah mencapai progres yang cukup memuaskan, dengan kemajuan pekerjaan fisik hampir mencapai 90 persen lebih dari total yang ditargetkan.

Sementara itu, Ketua Tim Wasev Mabes TNI, Brigjen TNI Legowo W. R. Jatmiko, menyebut kedatangan Tim Wasev Mabesad ini dalam rangka melaksanakan pengawasan dan evaluasi (Wasev) sekaligus melihat kinerja satuan tugas TMMD dalam perencanaan persiapan secara optimal kegiatan pembangunan TMMD ke-109 yang dilaksanakan oleh satuan jajaran Korem 101/Antasari yaitu Kodim 1001/Amuntai di Desa Sarang Burung.

“Kedatangan kami bersama rombongan untuk memastikan proses TMMD Ke 109 berjalan sesuai dengan yang direncanakan,” tegas Brigjen TNI Legowo.

Lebih lanjut Brigjen TNI Legowo W. R. Jatmiko, menjelaskan bahwa kehadiran program TMMD di daerah bertujuan untuk membangun daerah lebih khusus membuka wilayah yang masih terisolir.

Tujuan pelaksanaan TMMD ini untuk melakukan percepatan pembanguan di daerah dan untuk mengurangi kesulitan di masyarakat serta mempererat menjaga keutuhan wilayah NKRI.

“Kita harus menyadari TNI dan rakyat tidak dapat dipisahkan, sejarah perjuangan Indonesia membuktikan TNI lahir dari rakyat dalam merebut kemerdekaan, sampai kapanpun roh TNI adalah rakyat,” ucapnya.

Ia menambahkan, program ini juga didukung oleh semua pihak dan kolaborasi dengan pemerintah daerah. Oleh karena itu pengerjaan jalan baru ini mesti dilanjutkan oleh pemerintah daerah untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat.

“Program ini untuk membantu masyarakat di daerah maka berkolaborasi dengan pemerintah dan banyak pihak. Pemerintah daerah diharapkan melanjutkan kegiatan pengerjaan ini untuk kesejahteraan masyarakat,” imbuhnya.

Selaku Ketua Tim Wasev, ia juga mengaku sangat memberikan apresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Daerah, Masyarakat Desa Sarang Burung maupun personel TMMD yang berada di lokasi, di samping terjalinnya komunikasi yang baik, manfaat dari kegiatan TMMD ini juga banyak dirasakan oleh masyarakat sekitar, baik langsung maupun tidak langsung, namun pasti ada perubahan yang signifikan pasca program TMMD usai.

“Diharapkan adanya peningkatan ditinjau dari aspek pertahanan dapat meningkatnya wawasan kebangsaan tentang ideologi pancasila, ditinjau dari aspek ekonomi semakin mantapnya pembanguan fisik maupun non fisik secara adil dan merata,” harapnya.

Turut serta dalam peninjauan Wasev TMMD ini, Kapolres HSU AKBP Afri Darmawan, Ketua DPRD HSU Almien Anshar Safari, serta Sekda HSU H M Taufik. (Diskominfo/wahyu)

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Dinas Kominfo HSU
Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Hulu Sungai Utara
error: Konten di lindungi !!
%d blogger menyukai ini: