Minggu, 20 September 2020
DekranasdaKerajinan

PUTRA EKOWISATA KALIMANTAN SELATAN DAN DUTA GENRE PERKENALKAN SASIRANGAN KEPADA KM HSU-YOGYAKARTA

AMUNTAI – Putra Ekowisata Kalimantan Selatan tahun 2020, Zainal Fuad yang juga merupakan Duta GenRe HSU bersama Hendra Rusnadi dan Nadila Rusida yang juga Duta GenRe HSU memperkenalkan Sasirangan kepada generasi muda yang tergabung dalam Keluarga Mahasiswa Hulu Sungai Utara – Yogyakarta ( KM HSU-Yogyakarta) pada hari Minggu, 9 Agustus 2020.

Fuad menjelaskan bahwa sasirangan merupakan kain khas Kalimantan Selatan yang pada awal kemunculannya berasal dari kisah masa lalu di kerajaan Negara Dipa.

“Perbedaan mendasar yang melekat pada kain sasirangan terletak pada metode membuatkannya yang menggunakan teknik jahit, ikat, dan celup,” ujarnya.

Menurutnya, generasi muda khususnya mahasiswa yang berkuliah di luar daerah perlu mengenal dan dapat membuat kain sasirangan agar ketika berada di luar daerah mampu mempromosikan sasirangan. Apalagi saat ini sasirangan masih kalah pamornya jika dibanding dengan kain batik.

Senada dengan pernyataan tersebut, ketua KM HSU Yogyakarta Rahmat Novearrahman mengaku mahasiswa HSU yang berkuliah di Yogyakarta masih banyak yang belum mengenal budaya HSU secara luas.

Diakui oleh mahasiswa Hukum Tata Negara UIN Sunan Kalijaga yang akrab dipanggil Unu tersebut, mahasiswa sebagai promotor kebudayaan dan pariwisata memang sangat memerlukan pengalaman nyata dalam membuat sasirangan. Hal ini dimaksudkan agar tidak ada kegundahan karena tidak tahu budaya saat ditanya oleh orang dari luar Kalimantan Selatan.

“Sebagian kawan-kawan ada yang belum tahu tentang sejarah dan juga proses pembuatan sasirangan, jadi menurut kami kegiatan pada hari ini sangat bermanfaat demi meningkatkan kualitas diri mahasiswa sebagai promotor budaya,” ungkap Unu.

Kegiatan tersebut berlangsung selama satu hari bertempat di Showroom Dekranasda HSU dan seluruh peserta mendapatkan kesempatan untuk belajar secara langsung proses pembuatan sasirangan dengan bahan pewarna alami.

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Dinas Kominfo HSU
Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Hulu Sungai Utara
%d blogger menyukai ini: