Senin, 6 Juli 2020
Umum

RATUSAN ANGGOTA PRAMUKA HSU IKUTI PERTIKARCAB

AMUNTAI – Ratusan pelajar anggota Pramuka yang berasal dari SMA sederajat di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) turut serta menyemarakkan Perkemahan Bakti Saka Bahyangkara tingkat Cabang (Pertikarcab) Hulu Sungai Utara 2020 yang digelar di Bumi Perkemahan Kecamatan Amuntai Utara.

Pertikarcab kali ini dilaksanakan selama 4 hari, sejak 7 hingga 9 Februari 2020 dengan mengedepankan peran Kanit Bintibmas dan Pramuka Saka Bhayangkara  di bawah koordinator Kasatbinmas.

Ketua Pelaksana Pertikarcab HSU, Iwan Fajerianoor, dalam laporannya mengatakan ada beberapa rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan dalam Pertikarcab kali ini, di antaranya kegiatan bakti ke masyarakat, bakti kesehatan, giat prestasi berupa lomba krida kesakaan dan teknik kepramukaan, duta Pramuka serta festival seni tari dan teater.

Kegiatan perkerkemahan kali ini diikuti masing-masing kontingen 33, dengan total sebanyak 231 peserta anggota Pramuka dari SMA sederajat yang ada di HSU, ditambah peserta dari Saka Bahyangkara Kabupaten Barito Timur provinsi Kalimantan Tengah yang turut menyemarakkan kegiatan.

Sementara itu, Kapolres HSU melalui Kabag Perencana Kompol Sumardi saat membuka kegiatan, Jum’at (7/2/2020) petang, mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk membentuk dan membina generasi muda sebagai pemimpin bangsa di masa depan agar mempunyai kepribadian yang kuat, bersemangat, ulet, pantang menyerah, disiplin, inovatif, dan bekerja keras demi mendorong kemajuan serta keberhasilan cita-cita bangsa.

“Sehingga melalui kegiatan ini, para peserta diharapkan dapat melaksanakan dengan baik guna memantapkan kaum muda sebagai patriot pembangunan dalam rangka mendukung tugas-tugas Polri yang semakin profesional dan terpercaya agar tercipta Indonesia yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian gotong royong,” ujarnya.

Lebih lanjut, dirinya juga mengimbau kepada para peserta agar meningkatkan intensitas dan kualitas gerakan Pramuka sebagai wadah bentukan karakter bangsa bagi generasi muda.

” Gerakan Pramuka hendaklah menjadi pelopor menjadikan diri senang bekerja keras serta cerdas, ikhlas membangun nilai dan sikap perilaku sejak dini melalui berbagai macam kegiatan pramuka,” terangnya.

Selain itu, dirinya juga mengimbau agar para peserta dapat mengajak kaum muda untuk meningkatkan semangat bela negara, utamakan program dan kegiatan untuk meningkatkan semangat patriotisme dalam membela kepentingan bangsa, ditambah dengan mengokohkan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.

“Galang terus persaudaraan sesama anggota Pramuka sebagai bekal memupuk jiwa semangat persatuan kesatuan bangsa Indonesia dengan mengamalkan Satya Darma Pramuka,” pungkasnya.

Sebelumnya, kegiatan ini juga didahului dengan Upacara Buka Adat Waja sampai Kaputing dengan Pembina Upcara Kasat Binmas Polres HSU AKP Ady Suwarno.

Sementara usai kegiatan upacara pembukaan juga diisi dengan hiburan penampilan senam tongkat oleh peserta partisipan dari Polres Barito Timur dan Penampilan Polisi Cilik Polres HSU, sehingga kegiatan tambah semarak dengan disaksikan oleh warga sekitar. (Diskominfo/Wahyu)

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Dinas Kominfo HSU
Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Hulu Sungai Utara
error: Konten di lindungi !!
%d blogger menyukai ini: