Rabu, 21 Oktober 2020
Lingkungan Hidup

RATUSAN PEMUDA DI HSU LAKUKAN AKSI BERSIH-BERSIH SUNGAI

AMUNTAI – Ratusan pemuda dari berbagai organisasi kepemudaan melaksanakan bersih – bersih sungai dalam rangka Aksi Gerakan Pemuda Hulu Sungai Utara (HSU) Peduli Lingkungan. Pembersihan dilaksanakan di kawasan aliran Sungai Nagara, tepatnya di bawah Jembatan Paliwara Kecamatan Amuntai Tengah, Minggu (13/10).

Aksi yang diprakarsai oleh Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) HSU juga diikuti langsung oleh Bupati HSU H. Abdul Wahid HK beserta jajaran pemerintah daerah, di antaranya Dinas Perumahan Pemukiman dan Lingkungan Hidup (Disperkim LH) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) yang juga ikut terjun langsung untuk untuk bersih-bersih sungai.

Almien Ashar Safari selaku Ketua KNPI HSU mengatakan, kegiatan aksi gerakan pemuda HSU peduli lingkungan ini adalah salah satu upaya mengurangi pencemaran lingkungan khususnya di sungai HSU.

“Kegiatan ini juga merupakan rangkaian dari peringatan Sumpah Pemuda, yang mana aksi ini partisipasi seluruh pemuda di HSU dalam membantu pemerintah daerah meningkatkan kualitas lingkungan di HSU,” ujar Almien.

Ia juga mengajak kepada seluruh pemuda yang ada di HSU untuk mengurangi limbah sampah yang mengakibatkan pencemaran lingkungan di HSU dengan tidak membuang sampah sembarangan di sungai.

Sementara itu, Bupati HSU H. Abdul Wahid HK mengatakan, kegiatan aksi bersih-bersih sungai di kawasan Sungai Nagara dan Jembatan Paliwara ini sangat positif sekali dan membanggakan karena generasi pemuda sadar tentang perlunya kebersihan lingkungan.

Wahid mengimbau kepada seluruh masyarakat di HSU untuk berusaha tidak membuang sampah di sungai, karena sampah yang dibuang di sungai dari hulu akan terbawa arus, yang terkena dampaknya adalah masyarakat yang berada di hilir.

“Masyakat diharapkan untuk sama sekali tidak membuang sampah ke sungai, buanglah sampah pada tempatnya,” seru Wahid.

Wahid juga berharap kepada seluruh masyarakat, agar menyediakan tempat pembuangan sampah di rumah masing-masing terutama sampah plastik dan sampah rumah tangga.

“Buanglah sampah di tempat tertentu atau tempat pembuangan sampah sementara, jadi dengan membuang sampah seperti ini secara tidak sengaja telah membantu anak cucu kita menjaga kebersihan lingkungan dan kesehatan,” pesan Wahid. (Diskominfo/ricky/irwin)

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Dinas Kominfo HSU
Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Hulu Sungai Utara
%d blogger menyukai ini: