Jumat, 5 Juni 2020
Sosial

SALURKAN BANTUAN KORBAN KEBAKARAN, WAKIL BUPATI IMBAU WARGA TINGKATKAN KEWASPADAAN

AMUNTAI – Wakil Bupati Hulu Sungai Utara (HSU) mengimbau kepada warga masyarakat HSU agar meningkatkan kewaspadaan pasca musibah kebakaran yang terjadi di Desa Tangga Ulin Hulu Kecamatan Amuntai Tengah pada Selasa 3 Maret petang.

Hal tersebut disampaikannya saat meninjau sekaligus menyalurkan bantuan kepada para korban kebakaran bersama Kepala BPBD HSU, Kepala Dinsos HSU, dan Kapolres HSU AKBP Pipit Subiyanto di Posko Siaga Bencana Desa Tangga Ulin Hulu RT 02 Kecamatan Amuntai Tengah Kabupaten HSU, Rabu (4/3).

“Saya ucapkan terimakasih atas bantuan dari segala pihak khususnya dari Polres Hulu Sungai Utara untuk para korban,” ungkap Husairi Abdi yang mengakui Desa Tangga Ulin merupakan Desa kelahirannya.

Sementara itu, Kapolres HSU AKBP Pipit Subiyanto mengungkapkan keprihatinannya atas kejadian musibah kebakaran sembari berharap agar para korban mendapatkan kesabaran, ketabahan, dan kekuatan.

Karena bangunan rumah di kawasan desa tersebut relatif berbahan kayu yang mudah terbakar, sehingga Pipit mengimbau kepada warga masyarakat, memantau seluruh instalasi di kawasan tersebut agar dapat dipastikan memperoleh keamanan.

“Apabila meninggalkan rumah atau sesuatu, maka hendaknya menjauhkan dari hal yang menyebabkan kebakaran, karena kebanyakan itu mempunyai banyak faktor, sehingga barang atau bahan yang dapat memicu kebakaran itu agar lebih diperhatikan,” imbau Kapolres.

Selain itu, Kapolres juga mengajak kepada seluruh masyarakat agar lebih peduli terhadap lingkungan sekitar, karena kepedulian tersebut paling diutamakan.

Dalam peninjauan dan penyerahan bantuan tersebut, Pemkab HSU bersama Polres HSU ditambah dengan swadaya masyarakat setidaknya menyalurkan berbagai macam bantuan, seperti bahan-bahan kebutuhan pokok, ditambah dengan uang santunan, bantuan dapur darurat BPBD HSU untuk kebutuhan makan selama beberapa hari kedepan, serta alat-alat tulis untuk korban yang memiliki anak berstatus sebagai pelajar dan mahasiswa.

Dari Informasi yang dihimpun, setidaknya sebanyak 17 bangunan rumah yang terdampak kebakaran dengan jumlah 15 KK dengan dampak persentase yang berbeda-beda.

Berikut daftar korban kebakaran Desa Tangga Ulin Hulu RT 02 Kecamantan Amuntai Tengah:

  1. H. Jailani 1 KK 5 jiwa, terbakar rumah 100 % 2 buah rumah ( 1 dihuni, 1 kosong ),

  2. Rida 1 KK 1 jiwa terbakar rumah 100 %,

  3. H. Rohani 2 KK 7 jiwa terbakar rumah 100 %,

  4. Andi 1 KK 4 jiwa terbakar rumah 100 %,

  5. Salam terbakar rumah bidakan/barak 2 pintu 100 %,

  6. Amin 1 KK 2 jiwa terbakar rumah 100 %,

  7. Abdul Hadi 1 KK 3 jiwa terbakar rumah 100 %,

  8. Pandi 1 KK 1 jiwa terbakar rumah 100 %,

  9. Ajat 1 KK 4 jiwa terbakar rumah 100 %,

  10. Miksin 1 KK 2 jiwa terbakar rumah 100 %,

  11. Kurdi 1 KK 2 jiwa terbakar rumah 50 %,

  12. Buhairi 1 KK 5 jiwa terbakar rumah 30 %,

  13. Uwa Atan 1 KK 1 jiwa terbakar rumah 30 %,

  14. Edy 1 KK 3 jiwa terbakar rumah 30 %,

  15. Hasan 1 KK 2 jiwa terbakar rumah 25 %.

(Diskominfo Wahyu)

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Dinas Kominfo HSU
Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Hulu Sungai Utara
error: Konten di lindungi !!