Sabtu, 31 Oktober 2020
Sosial

SATGAS TMMD KE-109 TURUT BANTU AKTIVITAS WARGA

AMUNTAI – Guna membantu usaha kesejahteraan perekonomian masyarakat, satuan tugas (satgas) TMMD ke-109 Kodim 1001/Amuntai, tak jarang membantu aktivitas keseharian warga masyarakat Desa Sarang Burung, Kecamatan Danau Panggang, Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU).

Salah satunya seperti yang dilakukan Sersan Dua Muhammad Subhan yang membantu masyarakat membuat tikar dengan bahan dasar purun, Rabu (14/10/2020).

Kegiatan ini dilakukan setelah selesai bekerja membuat siring jalan serta atas kepedulian Satuan Tugas TMMD kepada masyarakat, bertujuan untuk membantu mendorong potensi masyarakat.

Apalagi proses kerajinan tangan seperti tikar ini pembuatannya tidak segampang apa yang dibayangkan. Dalam proses pembuatan kerajinan tersebut bahan purun harus dijemur sampai benar-benar kering.

Selanjutnya purun yang sudah kering tersebut kemudian ditumbuk sampai menitipis sesuai keinginan yang nantinya akan dianyam.

Dansatgas TMMD, Kapten Inf Mahmud Dalli menyampaikan, salah satu Anggotanya Serda Muhammad Subhan juga berasal dari desa yang mengenal cara membuat anyaman.

“Karena orangnya yang rajin dan juga pintar membuat kerajinan anyaman, sehingga dia bisa membantu membuat kerajinan tikar purun,” ungkapnya.

Ibu Masni (50) salah satu dari pengrajin tikar purun desa setempat menyampaikan ucapan terima kasih kepada Satgas TMMD. “Khususnya Pak Subhan yang ikut terjun langsung membantu kami, sehingga cepat selesai dan membuat kami bertambah semangat,” ujarnya.

“Semoga Satgas TMMD Kodim 1001/Amuntai yang sedang melaksanakan tugas dalam pembuatan siring jalan selalu diberikan kesehatan dan keselamatan serta kelancaran supaya bisa selesai sampai waktu yang ditentukan,” imbuhnya.

Lain lagi dengan apa yang dilakukan Prada Muhammad Alfiannur yang disela-sela waktu istirahatnya menyempatkan diri untuk membantu bersawah warga.

Hal ini ia lakukan ketika beristirahat, Prada Muhammad Alfiannur menyempatkan diri untuk membantu seorang kakek yang sedang bersawah.

Kakek itu bernama Zarkasi (61) yang kesehariannnya membersihkan rumput liar di tanaman padinya karena bersawah adalah mata pencaharian daerah Sarang Burung.

“Saya tidak menyangka Pak Alfiannur mau membantu mencabuti rumput liar yg ada di tanaman padi, saya kira cuma bantu bangun siring jalan aja,” kata Zarkasi.

Prada Muhammad Alfiannur bertugas sebagai pembuatan siring jalan dari Desarang Burung menuju Desa Telaga Emas TMMD Ke-109 Kodim 1001/Amuntai tahun 2020.

“Senanglah bisa bantu warga, semoga dapat meringkan bebannya, apalagi sudah tua masih bersawah jadi saya ingat kepada orang tua,” pungkas Alfiannur. (Diskominfo/Wahyu)

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Dinas Kominfo HSU
Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Hulu Sungai Utara
error: Konten di lindungi !!
%d blogger menyukai ini: