Minggu, 20 September 2020
Kesehatan

SERIUS TANGANI COVID-19, PEMKAB HSU DATANGKAN ALAT PCR

AMUNTAI – Untuk penanganan Covid-19 yang lebih serius, Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) berencana mendatangkan alat PCR untuk uji Swab mendeteksi virus corona atau Covid-19. Dengan adanya alat ini, hasil pemeriksaan swab dapat diketahui lebih cepat dan penanganan pasien bisa optimal.

Rencana mendatangkan alat Polymerase Chain Reaction (PCR) tersebut diungkapkan sendiri oleh Bupati HSU sekaligus Ketua Tim Gugus Tugas Covid 19 Kabupaten HSU H Abdul Wahid HK dalam sambutannya di acara penyerahan piagam penghargaan Kodim terbaik pelayanan KB sejuta Akseptor di Aula Dr KH Idham Chalid Amuntai, Selasa (28/7)

Pengujian alat PCR itu sendiri rencananya akan dilakukan pada bulan Agustus mendatang, karena selama ini setiap pemeriksaan swab dilakukan di Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Banjarbaru.

Hal inilah yang membuat hasil Swab memakan waktu yang cukup lama, karena Laboratorium yang ada harus menguji sampel dari sejumlah kabupaten/kota lain di Kalimantan Selatan.

“Kami sampaikan dalam kesempatan ini Insya Allah bulan Agustus yang akan datang Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara akan memiliki alat PCR sendiri,” ucap Bupati Wahid

Wahid menuturkan, adanya alat PCR nanti, sekiranya 200 sampel per hari akan dapat dilakukan pemeriksaannya.
Pengadaan alat PCR ini juga sebagai bentuk dukungan Kabupaten HSU bagi Provinsi Kalimantan Selatan yang mana pada bulan Agustus mendatang akan melaksanakan swab massal di seluruh kabupaten kota di Kalimantan Selatan dengan target 2000 per hari,” beber Wahid.

Sementara itu, dalam laporannya berdasarkan data terakhir 27 Juli 2020 kemarin bahwa warga masyarakat HSU yang dinyatakan positif Covid-19 ada sebanyak 221 orang. dari jumlah 221 orang itu dinyatakan sembuh sebanyak 115 orang. Sedangkan yang masih menjalani perawatan sebanyak 94 orang dan meninggal dunia diketahui 12 orang. (Diskominfo/Wahyu)

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Dinas Kominfo HSU
Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Hulu Sungai Utara
%d blogger menyukai ini: