Sabtu, 5 Desember 2020
Kesehatan

TIM KEMENKES RI KUNJUNGI HSU, BAHAS PERCEPATAN PENANGGULANGAN COVID-19

AMUNTAI – Tim Kementerian Kesehatan RI melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) dalam rangka percepatan penanggulangan pandemi covid-19 dan upaya penguatan kesehatan esensial lainnya. Kedatangan tim disambut oleh Bupati HSU dan tim gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 HSU di Mess Negara Dipa, Kamis (1/9). Tampak hadir pula tokoh masyarakat, rombongan tim Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan, dan Poltekes Banjarbaru.

Kasi Deteksi Penyakit Infeksi Emerging pada Ditjen P2P Kementerian Kesehatan RI, Chita Septiawati, selaku ketua tim rombongan mengharapkan Ibu-ibu penggerak PKK memiliki banyak peran di masyarakat, salah satunya untuk menggerakan para kader, seperti melakukan pemantauan dan mengingatkan orang yang keluar rumah harus menggunakan masker.

Selain itu ia juga mengharapkan dukungan dari TNI dan Polri dalam penegakan disiplin menggunakan masker, serta pengawasan kegiatan yang berpotensi menyebabkan kerumunan warga.

Dalam kesempatan itu, Bupati HSU H Abdul Wahid HK menyampaikan perkembangan kasus covid-19 di HSU, yakni 472 kasus positif, 22 dalam perawatan, 430 sembuh, 20 meninggal, 14 kasus suspek, RDT 5.517, reaktif 803, dan swab 1.954.

“Alhamdulillah dapat bersilaturahmi sekaligus mengikuti pertemuan kunjungan dari kemenkes RI dengan tim yang akan melakukan percepatan penanggulangan penanganan Covid-19 dan penguatan kesehatan esensial lainnya, khususnya di Kabupaten HSU dan Provinsi Kalsel pada umumnya,” ujar Wahid.

Menurut Wahid, hal tersebut merupakan wujud dari perhatian pemerintah pusat terhadap Kalsel yang termasuk 9 provinsi yang menjadi perhatian Presiden RI dalam hal penanggulangan Covid-19. Kabupaten HSU juga merupakan salah satu daerah yang menjadi perhatian karena memiliki data yang cukup tinggi, baik yang positif maupun yang meninggal dunia.

Dalam kunjungan kerja tersebut juga dibagikan sejumlah face shield hasil dari bimtek yang dilakukan oleh Disperindagkop HSU bekerjasama dengan Dirjen IKMA Kementerian Perindustrian RI dan Dinas Perindustrian Provinsi Kalimantan Selatan kepada sejumlah Industri Kecil Menengah (IKM) di Kabupaten HSU. (Diskominfo/ikhsan/effendi)

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Dinas Kominfo HSU
Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Hulu Sungai Utara
error: Konten di lindungi !!
%d blogger menyukai ini: