Minggu, 1 November 2020
Umum

TIM WASEV MABES TNI TINJAU PROGRAM TMMD, PEMKAB HSU APRESIASI JAJARAN TNI

AMUNTAI – Tim Pengawas dan Evaluasi (Wasev) Markas Besar (Mabes) TNI AD melakukan evaluasi program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke – 109 dengan meninjau secara langsung ke Desa Sarang Burung, Kecamatan Danau Panggang, Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU).

Kedatangan Tim Wasev Mabes TNI guna mengawasi dan mengevaluasi pelaksanaan sekaligus melihat kinerja satuan tugas TMMD dalam perencanaan persiapan secara optimal kegiatan pembangunan di Desa Sarang Burung, yang dilaksanakan oleh satuan jajaran Kodim 1001/Amuntai.

Hal itu diungkapkan Brigjen TNI Legowo W. R. Jatmiko saat menyampaikan sambutan di Mess Nagara Dipa, Kamis (15/10).

Ia juga menambahkan, tujuan pelaksanaan TMMD ini untuk melakukan percepatan pembanguan di daerah dan untuk mengurangi kesulitan di masyarakat serta mempererat menjaga keutuhan wilayah NKRI.

“Kita harus menyadari TNI dan rakyat tidak dapat dipisahkan, sejarah perjuangan Indonesia membuktikan TNI lahir dari rakyat dalam merebut kemerdekaan, sampai kapan pun roh TNI adalah rakyat,” ucapnya.

Brigjen TNI Legowo W. R. Jatmiko juga mengatakan, berdasarkan pantauan di lapangan Desa Sarang Burung Kecamatan Danau Panggang memang layak untuk mendapatkan program TMMD, hal itu didapat dari aspirasi masyarakat yang dikumpulkan dan proses perencanaan sematang mungkin agar program TMMD tepat sasaran untuk kesejahteraan masyarakat.

Adapun pertimbangan TNI dalam memilih suatu desa yang menjadi prioritas tempat TMMD yaitu yang pertama daerah yang mendapatkan bantuan program pembangunan desa tapi belum terlaksana pelaksanaannya, yang kedua daerah rawan ditinjau dari segi pertahanan keamanan dan kesejahteraan, yang ketiga daerah rawan bencana alam dan terdampak bencana alam, dan keempat daerah yang terisolir.

“Diharapkan adanya peningkatan ditinjau dari aspek pertahanan dapat meningkatnya wawasan kebangsaan tentang ideologi pancasila, ditinjau dari aspek ekonomi semakin mantapnya pembanguan fisik maupun non fisik secara adil dan merata,” harapnya.

Di sisi lain Wakil Bupati HSU H. Husairi Abdi selaku kepala daerah menyampaikan, dengan adanya program TMMD ini sangat terasa manfaatnya oleh masyarakat. Dengan kemanunggalan TNI, Pemerintah Kabupaten HSU dan masyarakat, diharapkan menjadi salah satu jalan bagi terwujudnya kesejahteraan masyarakat.

“Karena apa yang dihasilkan dalam program TMMD ini, dapat berguna dan dimanfaatkan untuk kepentingan kita bersama, dan dapat mendukung terwujudnya visi HSU yaitu MANTAP Maju, Mandiri, Sejahtera, Agamis dan Produktif,” tutur Husairi.

Husairi juga memberikan apresiasi kepada jajaran TNI dalam hal ini Kodam VI/Mulawarman dan Korem 101 Antasari serta Kodim 1001 Amuntai atas Dharma Baktinya dalam melaksanakan TMMD ke – 109 tahun 2020 dengan tema “TMMD Pengabdian Untuk Negeri”. (Diskominfo/ricky/yudi)

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Dinas Kominfo HSU
Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Hulu Sungai Utara
error: Konten di lindungi !!
%d blogger menyukai ini: