Sabtu, 19 September 2020
PemerintahanPendidikanSosialUmum

WAHID : KESUKSESAN UPACARA TERGANTUNG PADA PASUKAN PENGIBAR BENDERA

AMUNTAI – Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) Provinsi Kalimantan Selatan tahun 2017 dikukuhkan langsung oleh Bupati Hulu Sungai Utara (HSU) di Aula KH. Dr. Idham Chalid Amuntai, Selasa (15/8)
Bupati HSU H. Abdul Wahid HK dalam sambutannya mengucapkan selamat dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para pelajar yang telah terpilih menjadi Pasukan Pengibar Bendera Merah Putih yang akan ditugaskan dalam upacara peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke-72 Tahun 2017 yang akan dilaksanakan di Lapangan Pahlawan Amuntai.
“Menjadi pasukan pengibar bendera merah putih tidak hanya suatu kebanggaan tersendiri, tapi juga tugas berat yang harus dijalankan dengan sungguh-sungguh. Karena inti suksesnya upacara ada pada pasukan pengibar bendera, laksanakan tugas dengan semangat dan penuh tanggung jawab ” tegas Wahid.
Menurut Wahid, keterlibatan dalam rangkaian peringatan khususnya Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia merupakan pengalaman berharga selain itu juga memiliki peran strategis dan relevan dalam proses transfer nilai-nilai historis dan nasionalisme bagi generasi muda sebagai generasi penerus perjuangan para pendiri Republik Indonesia.
“Melalui transfer nilai-nilai historis anggota Paskibra mendapatkan suatu pelajaran yang terkandung dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia dalam merebut kemerdekaan dari tangan para penjajah dan menegakkan sang merah putih sebagai identitas suatu bangsa yang merdeka. Sementara melalui transfer nilai-nilai nasionalisme anggota Paskibra dituntut untuk menghayati bahwa sang merah-putih tidak hanya dimaknai sebatas sebagai simbol negara yang merdeka akan tetapi juga dimaknai sebagai tekad dan pemersatu suku bangsa, ras, agama maupun kebudayaan. Sehingga seluruh masyarakat Indonesia yang beraneka ragam tersebut merasa memiliki satu bangsa yaitu bangsa Indonesia”, tandas Wahid.
Wahid berharap melalui momentum yang baik ini, anggota Paskibraka mampu menunjukkan keteladanan sebagai pelajar yang berprestasi, berdisiplin bermoral dan berintegritas, serta memiliki jiwa nasionalisme yang tinggi di tengah pengaruh dan persaingan global yang begitu hebat.
Wahid berpesan kepada anggota Paskibra agar menjadi generasi masa depan yang maju dan unggul yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, serta terus berkarya.
“Jadilah generasi yang mampu menjadikan orang tua, masyarakat bahkan daerah bangga dengan prestasi dan karya nyata yang adik-adik lakukan. Jaga terus kekompakan, kedekatan dan kerjasama sebagaimana dalam Pasukan Pengibar Bendera Merah Putih saat nanti kalian mulai meniti karir dan masa depan. Wariskanlah pengaruh positif baik kepada generasi muda penerus kalian, kepada lingkungan maupun dalam pergaulan dimasyarakat”, kata Wahid.
Dalam kesempatan tersebut Bupati HSU juga melakukan penyematan MPG sebagai simbolis pengukuhan kepada pemimpin upacara. Penyematan disaksikan oleh Wakil Bupati HSU, Ketua Tim Penggerak PKK HSU, Ketua DPRD, Dandim, Kapolres HSU serta para orang tua anggota Paskibra.
Acara lebur bersama yel-yel Paskibra yang disuarakan anggota Paskibra dengan penuh semangat dan dilanjutkan dengan foto bersama Bupati, Wakil Bupati, Forkopimda serta Purna Paskibra Tahun 2016 bersama anggota Paskibra 2017 (Diskominfo/Ami).

Leave a Response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Dinas Kominfo HSU
Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Hulu Sungai Utara
%d blogger menyukai ini: